Perpustakaan Khusus Balitbang Bengkalis Terbaik se Riau

Selasa, 29 September 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Prestasi kembali diraih Kabupaten Bengkalis di tingkat Provinsi Riau. Kali ini diraih Perpustakaan khusus Balitbeng di ajang lomba Perpustakaan Khusus tahun 2015 yang ditaja Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Riau, Senin (28/9/15).

Meskipun baru kali pertama mengikutinya, Perpustakaan Khusus Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis dinobatkan sebagai Perpustakaan Khusus Terbaik I tingkat Provinsi Riau 2015. Sedangkan untuk terbaik II dan III, masing-masing direbut Perpustakaan Khusus Bank Indonesia Pekanbaru dan Bappeda Rokan Hilir.

Tak hanya itu, pada lomba tersebut Perpustakan Khusus Balitbang Bengkalis berhasil menyingkirkan 12 Perpustakaan Khusus lainnya di Bumi Lancang Kuning.

Dengan prestasi ini, Perpustakaan khusus Balitbang berhak mewakili Provinsi Riau di ajang serupa di tingkat nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Atas prestasi ini, Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie memberikan apresiasi dan berharap, prestasi ini dapat dijadikan motivasi agar ke depan semakin baik lagi.

“Tingkatkan terus kuantitas dan kualitas pelayanan, sehingga minat baca masyarakat, khususnya terhadap bahan bacaan yang dimiliki Perpustakaan Khusus Balitbang ini, semakin meningkat. Kemudian, persiapan sejak sekarang, agar amanah menjadi duta Provinsi Riau dalam lomba serupa di tingkat nasional, juga dapat memberikan hasil yang terbaik,” ujar Ahmad Syah.

Di bagian lain, kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pimpinan Badan Publik di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, Ahmad Syah mengimbau, untuk dapat mengikuti jejak Balitbang Bengkalis ini. Supay memiliki Perpustakaan Khusus.

“Sebagai bagian dari program mencerdaskan anak bangsa dan meningkatnya partisipasi masyarakat untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat keilmuan dan sumber pengetahuan dapat berkembang lagi, kita harapan masing-masing SKPD dan Badan Publik di daerah ini hendaknya juga dapat memiliki Perpustakaan Khusus,” harapnya.

Kepada Kepala Balitbang Bengkalis, Ahmad Syah yang juga mantan Kepala BPAD Provinsi Riau ini juga berharap, agar fasilitas yang ada terus dilengkapi. Begitu juga koleksi buku, sehingga benar-benar representatif sebagai sumber ilmu pengetahuan dan penambah wawasan masyarakat.

Menurut informasi yang berhasil rangkum, salah satu kunci keberhasilan Perpustakaan Khusus Balitbang Bengkalis ini, karena bahan bacaan yang dikoleksi merupakan karya ilmiah yang sifatnya implementatif (terapan).

Karya ilmiah ini merupakan hasil dari lomba karya ilmiah yang setiap tahunnya dilaksanakan Balitbang Bengkalis.

Selain itu, dalam pelayanannya, Perpustakaan Khusus Balitbang Bengkalis ini, juga memberikan layanan secara online, yaitu melalui electronic library.

Maksudnya, koleksi bahan bacaan yang dimiliki juga tersedia dalam bentuk format digital dan bisa diakses secara online.

“Alhamdulillah, hingga saat ini tidak kurang dari 18.000 pengunjung yang mengakses electronic library Balitbang Bengkalis,” kata Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis, Sopyan Hadi menambahkan.

Sopyan Hadi mengatakan, ada dua tahapan yang harus dilalui setiap peserta lomba. Yaitu peninjauan lapangan dan persentase atau pemaparan dihadapan juri lomba. 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT