Kisah 'Om' Google Hingga Rayakan Sweet Seventeen

Ahad, 27 September 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Perusahaan mesin pencari Google, hari ini merayakan hari jadinya yang ke-17 tahun. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu, awal menapakan kakinya di dunia maya pada September 1998. Untuk merayakan ulang tahunnya, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini menghadirkan Google Doodle di laman utamannya.

Tampilan google hari ini menggambarkan sebuah komputer jadul, dengan layar wajah Google awal pertama kali berdiri dengan tanda seru di belakangnya. Sebetulnya, Google sendiri awal terdaftar di website resmi dengan alamat URL pada 15 September 1997, hanya saja memang secara resmi menjadi perusahaan pada 7 September 1998 dan berkantor di Menlo Park, California.

Kini, setelah perjalanan selama 17 tahun, Google berevolusi menjadi perusahaan ternama dan merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekira 10 ribu orang.

“Om” Google kebanyakan orang Indonesia menyebutkannya. Sapaan itu sudah sangat akrab sekali di telinga peselancar jagat maya. Karena apa, hanya perlu mengetik kata sandi yang diinginkan maka "Om" Google akan melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan.

Dikutip dari berbagai sumber dan Wikipedia, kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.

Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang tidak disengaja pada 1995, yakni Larry Page dan Sergey Brin (alumnus Universitas Michigan).

Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Keduanya, terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Berkat mereka, manusia di dunia tidak lagi kesulitan ketika mencari apapun ketika berselancar di internet.

Seperti diketahui, misi Google adalah untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna. Sedangkan, Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan, menggambarkan budaya perusahaan yang santai. [okz]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT