Sayuran Ini Berpotensi Bikin Berat Badan Bertambah

Jumat, 25 September 2015 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Rupanya tidak semua sayuran dapat membantu kita menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan Monica Bertoia dari Harvard TH Chan School of Public Health menunjukkan, sayuran yang mengandung tepung seperti kacang polong dan jagung telah dikaitkan dengan penambahan bobot tubuh.

Selama ini yang kita tahu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat mencegah dari kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular. Namun, para peneliti kembali melakukan pengujian pada jenis sayuran tertentu dengan melibatkan 133.468 orang pria dan wanita Amerika Serikat selama 24 jam.

Setelah disesuaikan dengan perubahan gaya hidup yang mereka lakukan seperti status merokok dan aktivitas fisik, peningkatan asupan buah-buahan dan beberapa sayuran tertentu dapat mengembangkan kondisi sebaliknya, terjadi penambahan bobot badan.

Seperti dikutip dari situs Times of India, Jumat (25/9), studi ini telah dipublikasikan ke dalam Jurnal PLos Medicine.

Ternyata ada beberapa sayuran yang bisa menambah lingkar pinggang jika rutin mengonsumsinya yakni sayuran kaya tepung seperti kacang polong, jagung, dan kentang.

Menurut peneliti dari Harvard T. H. Chan School of Public Health di Boston, Amerika Serikat, sayuran tersebut tinggi tepung dan kaya nutrisi namun meningkatkan risiko kenaikan gula darah dibandingkan sayuran lain. Itulah alasan sayuran tersebut bisa menaikkan berat badan.

Para peneliti dari Harvard mengungkapkan jika ingin menurunkan berat badan lebih baik memilih konsumsi beras cokelat dan roti gandum dibandingkan kentang seperti dikutip Live Science, Rabu (23/9).

Sedangkan makanan yang bisa membantu membuat badan lebih langsing yaitu bluberi dan kembang kol.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan penelitian terhadap 130.000 warga negara paman sam ini. Penelitian ini dilakukan selama dua dekade, setiap empat tahun para peserta dikirimakn survei untuk mengetahui makanan yang dikonsumsi setiap minggu. Juga melaporkan berat badan setiap dua tahun.

Memang, peserta yang menambahkan konsumsi buah dan sayur selama empat tahun berat badannya turun. Untuk setiap porsi tambahan buah yang dikonsumsi tiap minggu, mereka kehilangan makanan sekitar 0,2 kg. Jika menambahkan sayuran setiap minggu berat badan berkurang 0,1 kg. [**lp6]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT