Tips Hilangkan Aroma 'Prengus' Daging Kambing

Kamis, 24 September 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Daging kambing adalah salah satu jenis daging yang paling dihindari untuk dimasak sendiri di rumah. Masalahnya, jika Anda tak mahir mengolah daging ini, dagingnya akan terasa tak enak. 

Masalah lainnya yang mungkin muncul adalah dagingnya yang mungkin berbau tajam atau ‘prengus’. Kalau sudah begini, rasanya pasti tak enak lagi untuk disantap. 

Mengutip berbagai sumber, ada banyak cara untuk menghilangkan bau ‘prengus’ dari daging kambing. 

Mentimun
Ketika akan merebus daging kambing, cobalah untuk meremas dagingnya dengan irisan mentimun. 

Campur mentimun iris dengan daging kambing yang sudah dipotong.  Remas-remas sebentar daging dengan mentimun. Kandungan senyawa dalam mentimun akan mengurangi bau prengus kambing. (chs/utw)

Bumbu dapur
Ada satu alasan mengapa saat mengolah daging kambing, banyak orang menggunakan bumbu dapur yang pekat. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bau ‘prengus’ kambing. 

Selain dicampur dalam olahan masakannya, bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk merebus kambing sebelum dimasak. 

Susu segar
Sebelum memasak daging kambing, Anda bisa merendamnya dalam susu segar semalaman. Tujuannya agar daging kambing ini bebas dari bau ‘prengus’ yang tajam. Setelah direndam, tiriskan daging dan olah. 

Yoghurt
Sama seperti susu, yoghurt juga bisa menghilangkan bau ‘prengus’ daging kambing. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt akan membuat bau kambing tak lagi ‘prengus’.

Tentu saja yogurt yang digunakan adalah yang tawar dan belum ditambahkan cita rasa lainnya. 

Hilangkan lemaknya
Bau ‘prengus’ kambing sebenanya berasal dari kandungan lemaknya. Agar tak bau prengus hilangkan dulu lemaknya sebelum dimasak. 

Kikis bagian lemak dengan pisau yang tajam sebelum mengolah daging kambing. Semakin banyak lemak yang bisa dihilangkan semakin berkurang bau prengus yang dihasilkan. 

Jangan dicuci
Jangan mencuci daging kambing. Potongan daging kambing yang dicuci akan membuat aroma daging justru makin ‘prengus’.

Alih-alih dicuci, sebaiknya diamkan daging selama beberapa jam. Tujuannya agar semua darah kambing keluar dan kotorannya turun. Setelah itu, rebus daging dengan bumbu dapur. [**cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT