REVIEW: Derita Bumi Melayu Terkepung Asap

Selasa, 15 September 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Rizky Rahmadani selaku Pj Ketua Umum Cendekiawan Muda Melayu (CMM) Riau, mengecam atas derita kabut asap di negeri Melayu, Provinsi Riau. 

Menurutnya, Riau merupakan salah satu provinsi ang subur, kaya dengan hasil sumber daya alamnya. "Siapapun yang tinggal dan berdomisili di Bumi Lancang Kuning secara otomatis menjunjung tinggi adat dengan taat dengan istiadat. Secara logika bahwa masyarakat Riau sejahtera dengan Bumi Melayu yang di tempatinya. Bumi Melayu pada awalnya negeri yang damai dan tentram, namun beberapa kurun waku mulai terusik dengann serakahnya oknum-oknum yang melacurkan diri kepada pusat dan asing untuk kepentingan pribadi dan kelompok kecilnya sehingga mengorbankan masyarakat Riau secara umum," katanya dalam rilisnya, Selasa (15/05).

Akibat keserakahan sekelompok orang, Bumi Melayu saat ini menjadi bencana bagi masyarakat, karena asap yang mengepung Riau dari tahun ke tahun terus bertambah akibat pembakaran hutan dan lahan. "Parahnya hasil sumber daya alam di negeri ini tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Riau secara umum diakibatkat keserakahan dari Pemerintah pusat yang melacurkan diri kepada asing untuk mengeruk keuntungan dari sumber daya alam negeri ini. Ditambah tokoh dan pemuda melayu sengaja di buat terpecah belah dengan kepentingannya kelompok kecilnya sehingga mudah di adu domba. Jangankan pemerintahan pusat untuk peduli dengan kondisi tersebut, bahkan dengan terang-terangan pusat menertawakan masyarakat Riau dengan mengatakan orang Riau semuanya bodoh.!Apakah masih diam Melayu?" ujar Rizky.

Terkait Asap di Riau merupakan kejahatan kemanusiaan yang berdampak sangat buruk bagi masyarakat Riau khususnya bagi ibu-ibu hamil dan anak-anak yang sangat mudah terjangkit penyakit, sampai saat ini sudah 18 tahun masyarakat menghirup udara dengan asap, sudah sangat banyak pula korban yang muncul akibat bencana ini, seperti penyakit Ispa bahkan merenggut jiwa. 

"Apakah bencana ini disengaja oleh pihak tertentu untuk melenyapkan masyarakat Riau.?! tentunya perlu keseriusan dari semua Stace Holder untuk duduk bersama dalam mencegah dan mencari solusi konkrit dalam permasalahan ini, agar tidak terjadi kembali Asap setiap tahunnya," sebutnya.

Untuk iu, Cendekiawan Muda Melayu (CMM) selaku Organisasi kepemudaan di negeri Melayu Riau ini mengajak para tokoh-tokoh melayu, pemuda-pemudi melayu bersatu atas kabut Asap yang menzolimi Anak keponakan  di Riau yang dilakukan pihak-pihak perusahaan besar dengan sengaja membakar hutan. "Kami juga meminta dengan hormat presiden RI untuk mencabut izin semua perusahaan yang terbukti terjadi kebakaran baik itu disengaja ataupun tidak disengaja yang telah membuat Kabup Asap di negri melayu ini ini," sambung PJ Ketua Umum CMM. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT