Pemkab Rohil Lepas Peserta Festival Budaya Nusantara di TMII

Pemkab Rohil Lepas Peserta Festival Budaya Nusantara di TMII

Metroterkini.com - Pemkab Rokan Hilir melalui Kadisbudparpora melepas tim kesenian daerah itu menuju Jakarta dalam Festival Budaya Nusantara Kawasan Perbatasan Negara di TMII.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Rokan Hilir, Zulkarnain Nur menyampaikan, tim yang akan mengikuti Festival Budaya Nusantara Kawasan Perbatasan Negara 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bakal menampilkan, tarian Mambang Deo-deo asal Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas. 

Pelepasan tim dilakukan, Sabtu (12/9) di depan kantor bupati Rokan Hilir,yang dipimpin Disbudparpora Rokan Hilir, Zulkarnain Nur, Kepala Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Rohil, Wazirman Yunus. 

Zulkarnain Nur menjelaskan, jumlah peserta, 10 penari, 10 pemusik, make up, official tujuh orang, ditambah staf Disbudparpora termasuk Kabid Kebudayaan menjadi koordinator selama acara di TMII.  

“Tarian yang kita tampilkan berasal dari Kecamatan Pasir Limau Kapas, Mambang Deo-deo. Mambang Deo-deo ini sebangai tarian khusus, macam ada ritualnya, macam tenaga kebatinan, sebangsa kesurupan gitu,” ujar Zulkarnain. 

Menurut Zulkarnain, pihaknya juga mendapatkan surat, mengkonsultasikan kepada Bupati dan langsung melakukan persiapan-persiapan. 

“Begitu ada surat, kita berembuk dulu dengan Bupati, bahwa yang disampaikan Pak Wazirwan (Kepala BPP, red) tadi, khususnya untuk khusus daerah perbatasan, tapi karena sudah menyangkut kepada budaya, kita bekerja sama antara dua instansi ini, atas izin beliau, Pak Bupati dan Pak Sekda, kita lakukan persiapan-persiapan, dan menampilkan Mambang Deo-deo inipun arahan dari Pak Bupati. Supaya itu diangkat kepermukaan sebagai salah satu budaya yang ada di Kabupaten Rokan Hilir,” tambah Zulkarnain. [**rtc]

Berita Lainnya

Index