4 Titik Api Bikin Wilayah Riau Kelabakan Dikepung Asap

4 Titik Api Bikin Wilayah Riau Kelabakan Dikepung Asap

Metroterkini.com - Data Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyebutkan bahwa jarak pandang di sejumlah daerah tak lebih dari 500 meter. Jarak pandang di Pekanbaru hanya sejauh 100 meter (SMOKE), di Rengat hanya sejauh 100 meter (SMOKE), di Dumai hanya sejauh 500 meter (SMOKE) dan di Pelalawan hanya sejauh 100 meter (SMOKE). Pantauan satelit hanya menemukan empat titik api di Wilayah Riau. 

Pantauan Sabtu (12/9/15), kabut asap di sejumlah wilayah di Riau semakin tebal membuat jarak pandang (vidibility) di sejumlah daerah di Riau menjadi sangat terbatas. Padahal, dari 833 titik panas di Sumatera yang terpantau satelite terra aqua, Riau hanya ada 14 titik panas. Yaitu di Kuansing 1 titik panas, Pelalawan ada 3 titik panas, Siak dan Inhu masing-masing 1 titik panas dan Kampar ada 8 titik panas.

"Dari jumlah itu, ada 5 titik yang berkemungkinan besar merupakan titik api dengan tingkat keyakinan sebesar 70 persen. Yaitu di Pelalawan 1 titik dan Kampar 4 titik," terang Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin Sabtu (12/9).

Sugarin menambahkan bahwa secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau Cerah Berawan disertai Kabut Asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada siang atau sore hari terjadi di Wilayah Riau bagian Utara. [**rtc]

Berita Lainnya

Index