Spot Wisata Gunung Kidul, Goa Jomblang Wisata Populer Pesona Cahaya Surgawi

Sabtu, 12 September 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Wisata Gunungkidul di Jogjakarta menyimpan keunikan dan daya pikat pada sejumlah landmark dan destinasi yang menawan. Anda dapat mengeksplorasi pesona wisatanya pada beberapa pantai di Gunungkidul, goa, air terjun, hingga suguhan keindahan alam menarik lainnya. Jika Anda mengunjungi Gunungkidul, sesungguhnya ada banyak sekali spot wisata menarik yang dapat ditemukan di sana dilansir duniahiburan.

Gunung kidul adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki luas wilayah mencapai hingga 46% dari keseluruhan luas provinsi. Bentang alam Gunungkidul terdiri dari dataran tinggi dan bergunung-gunung, didominasi pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga ke arah selatan Pulau Jawa, serta terbagi ke dalam tiga topografi wilayah yang ditujukan sebagai zona pengembangan daerah oleh pemerintah lokal.

Zona Selatan di Gunungkidul didominasi oleh bukit kapur yang berbentuk mengerucut dengan ketinggian hingga 300 m dpl. Di zona inilah Anda dapat menjumpai beberapa pantai terkenal di Gunungkidul Jogja. Sementara pada Zona Tengah, Anda dapat menemukan air terjun yang menarik serta sejumlah objek wisata budaya. Daerah yang berada pada zona ini berada pada ketinggian antara 150 – 200 m dpl. Dan terakhir, Zona Utara yang berada pada ketinggian antara 200 – 700 m dpl. Di zona ini, Anda dapat menjumpai beberapa goa menarik yang populer di kalangan penikmat perjalanan.

Sepanjang tahun 2014, potensi wisata Gunungkidul di Jogjakarta mampu menyedot kunjungan wisatawan, baik domestik dan mancanegara hingga mencapai 1,9 juta wisatawan dan memberi kontribusi yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah mencapai hingga Rp 15 miliar. Beberapa objek wisata populer Gunungkidul yang menarik minat wisatawan, di antaranya mulai dari Pantai Baron, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Goa Pindul , Goa Jomblang dan Goa Gelatik.

Goa Jomblang

Goa Jomblang memiliki pesona wisata goa yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Dalam kegiatan caving di goa ini, Anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug.

Di titik inilah Anda dapat menyaksikan stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit, membuat permukaan lantai gua menjadi begitu indah. Pemandangan menawan inilah yang bagi sebagian orang dinamakan sebagai “Cahaya Surgawi”.

Alamat Gua Jomblang: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.[dbhn]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT