BNPB Sebut 90 Persen Kebakaran di Indonesia Akibat Dibakar

BNPB Sebut 90 Persen Kebakaran di Indonesia Akibat Dibakar

Metroterkini.com - Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Junjungan Tambunan menyebutkan bahwa kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan saat ini bukan disebabkan oleh faktor cuaca. Menurut dia, 90 persen kebakaran hutan terjadi akibat ulah orang-orang tak bertanggungjawab.

"Sembilan puluh persen itu kebakaran hutan karena dibakar orang, kelompok maupun corporate," kata Junjung di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9).

Untuk itu, pemerintah harus berkomitmen menindak tegas pelaku kebakaran hutan. Dia yakin bahwa hukuman berat akan menimbulkan efek jera bagi para pelakunya.

"Proses penegakan hukum harus sampai pada tingkat peradilan," ujar dia.

Junjung juga meminta para kepala daerah yang lahan hutannya terbakar untuk lebih bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini. Dalam hal ini, kepala daerah merupakan pihak yang paling bertanggung jawab atas terjadinya bencana kebakaran hutan. BNPB siap membantu jika pemerintah daerah meminta bantuan.

"Ketika kepala daerah tidak sanggup, itu dapat dilakukan meminta bantuan ke BPBD atau BNPB. Kita pasti turun, baik profesional dengan perlengkapan peralatannya," ucap dia. [kmc]

Berita Lainnya

Index