Ahmad Syah Gelar Rapat dengan SKPD, Terkait Penyerapan Anggaran

Kamis, 10 September 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Penjabat Bupati H Ahmad Syah Harrofie, Rabu (9/9/15) petang kemarin menggelar rapat dengan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Wisma Daerah Sri Mahkota, Jalan Antara Bengkalis.

Dalam rapat itu, Ahmad Syah meminta klarifikasi kepada setiap Kepala SKPD tentang adanya laporan masih adanya sejumlah paket kegiatan yang belum dilelangkan atau sudah dilelang namun belum dikerjakan di SKPD yang mereka pimpin.

Kepada seluruh Kepala SKPD yang hadir, suami Hj Embung Megasari Zam ini menginstruksikan agar mereka segera melelangkannya kalau memang masih ada paket kegiatan tersebut belum dilelang dan secepatnya mengerjakan paket yang sudah diumumkan pemenangnya.

“Jangan tunda-tunda lagi. Sekarang sudah bulan September. Yang belum segera lelang. Koordinasikan dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) agar secepatnya dilelang. Sedangkan yang sudah, cepat perintahkan pemenangnya untuk melaksanakannya. Sementara kalau memang ada kegiatan yang harus dirasionalisasi, segera laporkan secara tertulis kepada Bappeda,” tegas Ahmad Syah.

Dalam pertemuan tersebut, Ahmad Syah juga meminta masing-masing Kepala SKPD untuk melakukan upaya percepatan serapan anggaran. Meski demikian, Ahmad Syah mengingatkan langkah yang diambil tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Harus sesuai mekanisme dan prosedur.

Selain Kepala Bappeda H Jondi Indra Bustian, adapun Kepala SKPD yang dikumpulkan Ahmad Syah dalam rapat tersebut, diantaranya Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, serta Kadis Perkebunan dan Kehutanan H Herman Mahmud.

Kemudian, Kadis Pertambangan dan Energi HT Said Ilyas, Kadis Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman Emri Juli Harnis, Kadis Perikanan dan Kelautan H Amril  Fakhri, serta Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana H Mustafa.

Selanjutnya, Kadis Pekerjaan Umum HM Nasir, Kadis Pertanian dan Peternakan H Arianto, Kadis Pasar dan Kebersihan H Indra Gunawan, Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika yang diwakili Sekretaris Radius Akima,  serta Kepala ULP Sevnur dan staf.

Sementara Direktur RSUD Mandau Ersan Saputra dan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi H A Ridwan Yazid yang juga dipanggil, karena terkendala waktu hingga rapat berakhir berhalangan hadir. Pasalnya kedua SKPD terakhir berkantor di Duri, Kecamatan Mandau.

Hadir juga dalam pertemuan itu Asisten Tata Praja H Amir Faisal, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pemerintahan yang juga Plt Asisten Administasi Umum H Hermanto Baran, Inspektur yang diwakili Inspektur Pembantu III Fauzi Aula, Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri, Kepala Bagian Keuangan Akmal, serta dua orang staf dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bengkalis .

Sebelumnya, pada Senin (24/8/2015) malam lalu, hal serupa juga dilakukan Ahmad Syah. Pada saat itu diperoleh informasi bahwa realisasi fisik Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2015 baru sekitar 40 persen. Sedangkan realisasi keuangan sekitar 20 persen (kondisi akhir Juli). Sementara pada pertemuan Rabu petang angka-angkanya sudah meningkat. Masing-masing naik menjadi sekitar 50 persen dan 30 persen (kondisi akhir Agustus).

Berdasarkan target atau prediksi yang disampaikan masing-masing Kepala SKPD dalam pertemuan tersebut, pada akhir tahun anggaran 2015, mereka optimis baik itu realisasi fisik dan keuangan tercapai di atas 90 persen. Bahkan ada yang yakin bisa mencapai angka di atas 95 persen. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT