Indahnya Pantai Baron Gunungkidul yang Asri Alami

Senin, 07 September 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +


Metroterkini.com - Keberadaan Pantai Baron Gunungkidul membuktikan bahwa Yogyakarta tidak hanya terkenal dari Pantai Parangtritis semata. Pantai Baron yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini sedikit banyak telah mengalihkan perhatian wisatawan dari dominasi Pantai Parangtritis ataupun Pantai Indrayanti.

Kabupaten Gunungkidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang kaya akan destinasi wisata pantai. Selain Pantai Baron, Gunungkidul masih memiliki sejumlah obyek wisata pantai lainnya yang populer, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Kukup, dan masih banyak lagi.

Pihak swasta di daerah ini terbilang cukup jeli melihat potensi besar wisata Gunungkidul di sektor bahari. Mulai dari panorama pantai, air laut yang jernih, hingga hamparan pasir membentang seolah menjadi daya magis yang membuat kawasan Pantai Baron disukai banyak penikmat perjalanan. Pantai yang berderet sejajar dengan Pantai Krakal dan Pantai Sundak ini siap memanjakan wisatawan dengan keunggulan komparatifnya tersebut.

Pantai Baron Gunungkidul terletak tepat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Wonosari (ibukota Kabupaten Gunungkidul). Seperti halnya wisata pantai lain di Gunungkidul, Pantai Baron menawarkan pesona keindahan laut yang dikelilingi perbukitan hijau. Ombaknya yang tidak begitu besar disukai sejumlah wisatawan yang memiliki hobi surfing ataupun menyelam.

Untuk menuju Pantai Baron, rute perjalanan yang harus ditempuh tidaklah rumit. Saat sekarang ini, jalan menuju pantai Baron sudah beraspal halus dan dilengkapi dengan penunjuk arah yang memastikan pengunjung tidak akan tersesat meski datang dari arah manapun.

Tetapi ada satu hal yang harus diwaspadai, yakni kontur tanah menuju lokasi pantai yang tidak begitu rata, naik turun, berkelok-kelok, serta tidak begitu lebar. Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama yang baru pertama kali pergi ke Pantai Baron, disarankan agar ekstra hati-hati. Jika tidak, jalanan tersebut sangat beresiko menimbulkan kecelakaan, terlebih bagi mereka yang belum menguasai medan jalan.

Alamat Pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pertemuan Air laut dan Air Tawar

Objek wisata Pantai Baron Gunungkidul terlihat begitu elok. Letak pantai Jogja yang satu ini diapit oleh dua perbukitan hijau sehingga terlihat lebih menyerupai sebuah teluk. Pada sebelah kanan pantai, terdapat sungai yang bertemu langsung dengan air laut. Pertemuan air laut dan air tawar ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

Konon, dengan mengunjungi lokasi pertemuan air tawar dan air laut di Pantai Baron ini, makan dua insan dari status atau golongan yang berbeda dapat bersatu. Terlepas dari benar atu tidaknya mitos tersebut, Pantai Baron Gunungkidul yang terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini memang menyimpan daya tarik luar biasa yang membuat pengunjung betah menghabiskan waktu liburan di sana.

Hal Menarik di Pantai Baron Gunungkidul

Dibanding pantai-pantai lainnya di Jogja, Pantai Baron Gunungkidul termasuk pantai yang paling asri dan alami. Di kawasan Pantai Baron, para wisatawan bebas bermain di hamparan pasir pantai selama tidak melewati garis batas yang sudah ditentukan.

Pasalnya, terdapat sejumlah lokasi yang terbilang rawan akan ombak besar sehingga berbahaya, terutama bagi mereka yang tidak mahir berenang. Perlu diketahui, Pantai Baron Yogyakarta ini adalah bagian dari kawasan pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Dengan demikian, para wisatawan disarankan untuk lebih berhati-hati.

Selain berenang dan bermain-main di tepian laut, menikmati panorama pantai yang indah sembari menyantap hidangan kuliner di warung-warung serta restoran yang tak jauh dari pantai adalah kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Menu kuliner yang tersedia didominasi oleh hasil laut.

Pantai Baron terkenal dengan menu kuliner baharinya, yakni sop kakap. Menyantap lezatnya hidangan sop kakap ditemani desir angin pantai serta debur ombak adalah pengalaman yang menyenangkan. Satu porsi menu sop kakap sudah tersaji lengkap dengan es kelapa muda, dan harganya terbilang ramah di kantong.

 Upacara Sedekah Bulan Syuro

Setiap tahun, nelayan lokal rutin menggelar upacara sedekah laut yang diadakan pada bulan Syuro (bulan pada kalender Jawa). Upacara sedekah ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas rejeki berupa hasil laut yang diterima selama kurun waktu 1 tahun terakhir. Penduduk yang tinggal di kawasan Pantai Baron Gunungkidul hampir keseluruhan berprofesi sebagai nelayan. Tentu saja Anda dapat membeli ikan yang masih segar langsung dari nelayan selepas melaut.

 Hotel di Pantai Baron Gunungkidul

Terdapat sejumlah hotel dekat Pantai Baron Gunungkidul. Beberapa di antaranya yang populer adalah Hotel Baronsari, Hotel Dewi Ratih, dan Hotel Harlois. Semuanya berjarak cukup dekat dari lokasi pantai tersebut.

 Rute Perjalanan ke Pantai Baron

Dari pusat kota Jogja menuju Pantai Baron Gunungkidul, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum jurusan Yogyakarta – Wonosari. Setiba di Wonosari, pilihlah angkutan umum yang langsung menuju Pantai Baron.[dhbn]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT