Pj Bupati Inginkan RT Peka Terhadap Situasi Masyarakat

Ahad, 06 September 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Penjabat Bupati Bengkalis, H Ahmad Syah Harrofie menginkan para Ketua Rukun Tetangg (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) peka terhadap situasi warganya. Ketua RT/RW harus dapat memantau dan menampung informasi yang terjadi di lingkungannya secara cepat dan cepat tanggap.

“Kalau boleh diibaratkan, suara sebatang jarum yang jatuh di ujung RT/RW-nya, seorang Ketua RT/RW harus menjadi orang yang pertama kali mendengar. Itulah betapa pentingnya peran dan tugas seorang Ketua RT/RW dalam memberikan pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang prima kepada warganya,” kata Ahmad Syah, kemarin.

Ahmad Syah yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini mengemukakan itu ketika membuka kegiatan pertemuan dan pembekalan bagi ketua RT/RW se-Kecamatan Bantan Gelombang I di Gedung Serbaguna Kecamatan Bantan.

Ahmad Syah berharap, seluruh Ketua RT/RW di daerah ini, tidak terkecuali di Bantan ini, juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, khususnya pemerintah desa masing-masing dalam memberikan informasi tentang program dan kebijakan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan.

Sebagai penyambung lidah, seorang Ketua RT/RW harus dapat memberikan informasi yang baik dan benar tentang program dan kebijakan, sehingga masyarakat mengetahui setiap kebijakan dan program Pemkab Bengkalis. Baik itu yang telah, sedang dan akan dilaksanakan,” ujar Ahmad Syah.

Sebagai pembantu pemerintah desa dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan, Ahmad Syah mengingatkan ada beberapa fungsi yang harus dilaksanakan seorang Ketua RT/RW.

“Yaitu, mendata penduduk dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya, ikut memelihara keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga, ikut membuat gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat, serta menjadi penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” papar Ahmad Syah dihadapan 200 orang peserta.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari.  Tujuannya untuk menyamakan persepsi serta untuk meningkatkan kualitas Ketua RT/RW.

Hadir dalam pembukaan itu, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Hukum dan Politik Hj Umi Kalsum, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan & SDM Haholongan, Asisten Tata Praja H Amir Faisal, Inspektur H Mukhlis, dan Camat Bantan Hendrik Dwi Yatmoko. [rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT