Presiden Jokowi Rencana ke Riau Lihat Kabut Asap

Jumat, 04 September 2015 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, Presiden Joko Widodo berencana menengok lokasi kebakaran hutan di Riau. Ada ratusan titik api di sana, sehingga perlu penanggulangan dengan cepat.

"Pak Presiden sangat concern pada masalah kebakaran hutan dan Beliau sebetulnya malah akan berangkat ke Riau," kata Syamsul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/15).

Tapi sayang, Syamsul mengatakan, kapan Jokowi akan meninjau langsung ke lokasi kebakaran belum jelas. Namun, kemungkinan dalam waktu dekat.

"Besok atau lusa, tapi tentu kami harus perhitungkan tentang visibility di sana," sebutnya.

Dia menjelaskan, ada ratusan titik api yang tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. "Di Pulau Sumatera ada 362 titik dan di Pulau Kalimantan ada 365 titik. Data dari Kementerian LHK akan dijelaskan lebih detail," ungkapnya.

Karena itu, BNPB, Kementerian LHK, TNI, dan Polri akan menggelar rapat koordinasi terkait kebakaran hutan. Rakor itu dibagi menjadi empat cluster guna pendalaman langkah yang akan diambil.

"Ada pemadaman yang dilakukan TNI, hukum yang dipimpin Kapolri, kesehatan yang dilakukan Kemenkes dan sosialisasi," kata dia menjelaskan. [**rtc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT