IMF Puji Jokowi Berani Cabut Subsidi Premium

Rabu, 02 September 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Awal 2015 Presiden Joko Widodo memutuskan melepaskan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium pada mekanisme pasar. Dengan kata lain, BBM jenis premium sudah tidak lagi disubsidi pemerintah.

Direktur Operasional International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde kagum sekaligus memuji keberanian Joko Widodo mencabut subsidi premium hanya beberapa bulan setelah terpilih sebagai Presiden.

"Saya terkesan dengan keputusan yang diambil Presiden Jokowi tak lama setelah dirinya terpilih yakni memotong subsidi dan membebaskan ruang fiskal yang sekarang bisa digunakan untuk kebutuhan lain," kata Lagarde di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (2/9).

Selain itu, Lagarde juga melihat kebijakan Bank Indonesia (BI) mempertahankan cadangan devisa (cadev) untuk 6-7 bulan impor merupakan kebijakan tepat.

Lagarde menyarankan agar kebijakan pemerintah dan otoritas keuangan saling bersinergi menyikapi kondisi perekonomian yang sedang bergejolak.

"Kalau beri sedikit petunjuk, lanjutkan reformasi, lanjutkan program yang fokus pada pembangunan infrastruktur dan gunakan semaksimal mungkin ruang fiskal yang didapat dari pemotongan subsidi BBM," tutup Lagarde. [**mrd]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT