CPNS dan PNS Harus Registrasi Ulang Hingga 31 Oktober

Rabu, 02 September 2015 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun PNS wajib melakukan registrasi ulang secara oline elekronik, Rabu (2/9/15) melalui Elektronik-Pendaftaran Ulang PNS (e-PUPNS). Registrasi ulang berlaku secara nasional ini dari 1 September s/d 31 Desember 2015. Bagi yang tidak mendaftar ulang dianggap berhenti atau pensiun.

Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, Selasa (1/9/2015) mengingatkan, seluruh CPNS dan PNS di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan harus  mendukung sepenuhnya e-PUPNS sebagai salah satu upaya pengelolaan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) melaui perbaikan database kepegawaian.

“Konsekuensi untuk PNS yang tidak mengisi e-PUPNS bisa dinyatakan berhenti bekerja atau pensiun, serta tidak akan dilayani administrasi kepegawaiannya. Karena itu segera lakukan registrasi ulang,” kata Ahmad Syah, mengingatkan.

Sementara itu, dalam rangka e-PUPNS ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Erinasrizal menjelaskan, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat serta Kepala Sekolah se-Kabupaten Bengkalis telah diberitahu melalui Surat Sekretaris Daerah No. 800/BKD/DI/2015/956. Surat tertanggal 27 Agustus 2015 itu langsung ditandatangani Sekretaris Daerah H Burhanuddin.

Dijelaskan Erinasrizal,  meskipun secara nasional sampai 31 Desember 2015, namun registrasi untuk pengisian formulir e-PUPNS pada alamat website http://epupns.bkn.go.id yang dimulai secara serentak 1 September 2015 sampai 31 Oktober 2015.

“Sedangkan verifikasi level I oleh verifikator di masing-masing SKPD/unit kerja dilakukan sampai 30 November 2015. Sementara sisanya sampai 31 Desember 2015 untuk verifikasi final atau level II di BKD,” tegas Erinasrizal.

Erinasrizal lebih jauh menjelaskan, verifikasi di SKPD atau unit kerja dilakukan Kasubag Tata Usaha/Kasubag Administrasi Kepegawaian/Pejabat Pengelola Kepegawaian.

Mereka akan diberi hak akses oleh Admin e-PUPNS Kabupaten Bengkalis (BKD).

Ditambahkan Erinasrizal, jika ada pihak yang perlu informasi lebih lanjut dapat menghubungi BKD melalui bidang Data dan Informasi. Baik itu melalui email, handphone maupun media sosial. Untuk email atau surat elektronik, melalui pupns.bengkalis@gmail.com atau bkd.bengkalis@gmail.com.

Sedangkan handphone yang dapat dihubungi yaitu Satgas PUPNS 1 dinomor 0823 8551 4898 dan Satgas PUPNS 2 0823 1717 5533. Sementara yang hobi fb dapat menyampaikannya di laman facebook.com/pupns.bengkalis.

“Untuk mengisi e-PUPNS tersebut, setiap CPNS/PNS harus mengisi sendiri datanya, yang mencakup data-data pokok kepegawaian, data riwayat kepegawaian, data sosial ekonomi, self assessment terkait kompetensi dan potensi pegawai, serta data terkait lainnya,” kata Erinasrizal.

Bagi CPNS/PNS yang tidak mengikuti e-PUPNS 2015, imbuhnya, maka otomatis pegawai bersangkutan tidak akan tercatat dalam database ASN Nasional di Badan Kepegawaian Negara. [rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT