Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo

Rabu, 26 Agustus 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Berseluncur di gumuk pasir Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan ketika mengunjungi Yogyakarta. Pasalnya, di Parangkusumo memiliki bentukan bukit pasir dengan berbagai kemiringan yang dapat digunakan untuk berseluncur (sandboarding).

"Banyak wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai atraksi budaya seperti bangunan bersejarah, desa wisata. Gumuk pasir di Parangkusumo bisa jadi alternatif daerah tujuan wisata minat khusus," kata salah satu pemandu sandboarding di Yogyakarta, Muhammad Fadil Ramadhan kepada KompasTravel di Bantul, Minggu (23/8/2015). 

Fadil yang juga anggota Mapagama Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan jika dibandingkan daerah tujuan wisata minat khusus lain, sandboarding di parangkusumo relatif lebih ramah lingkungan. Selain itu, segala kalangan dapat mencoba permainan berseluncur di pasir ini.

"Olahraga ini tidaklah ekstrem dan relatif aman, tua hingga muda bisa melakukan," lanjut Fadil.

Pantauan KompasTravel, di gumuk pasir Parangkusumo terdapat puluhan wisatawan yang bermain sandboarding. Selain itu, para wisatawan juga mengambil foto kegiatan sandboarding. Anak-anak, remaja, dan dewasa turut mencoba permainan berseluncur di pasir ini. 

Wisatawan yang hendak mencoba sandboarding dikenakan biaya Rp 125.000, sudah termasuk pemandu dan perlengkapan seperti helm, hand protector, dan knee protector. Gumuk pasir Parangkusumo terletak sekitar 40 kilometer dari Malioboro, Yogyakarta. Dari gumuk pasir, wisatawan dapat melihat pemandangan Pantai Parangkusumo dan juga menikmati matahari tenggelam.


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT