Tingkat Nasional, Riau Paling Rendah Serapan Anggaran

Senin, 24 Agustus 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Lima daerah di Indonesia ternyata memiliki serapan anggaran sangat rendah, diantaranya Provinsi Riau, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Papua, dan Jawa Barat.

Demikian disampaikan Dirjen Keuangan Daerah Kemdagri, Redonnyzar Moenek. Katanya, beberapa kepala daerah memang khawatir menggunakan anggaran karena takut terlibat kasus hukum.

"Kalau Riau, tiga gubernur sebelumnya bermasalah semua dengan hukum jadi secara psikologis bisa dipastikan mereka yang sekarang khawatir melakukan kebijakan," katanya, Senin (24/8/15) di Jakarta.

Selain Riau, Donny juga sempat mengingatkan Gubernur Banten Rano Karno untuk meningkatkan serapan anggaran. Sebab, Rano juga khawatir setelah gubernur terdahulu Ratu Atut Chosiyah masuk bui.

Donny menambahkan, realisasi APBD untuk kabupaten/kota rata-rata sebesar 36, 74 persen sampai Juli 2015. Sementara, untuk provinsi sebesar 39,2 persen. Dia berharap, serapan anggaran itu terus ditingkatkan sehingga pembangunan bisa segera berjalan.

"Jangan makin rendah, tidak ada pertumbuhan ekonomi nantinya. Ini kan maksudnya supaya belanja modal itu bisa memberikan lapangan kerja dan pelayanan. Multiplier effect. Kalau orang enggak mau bangun listrik, jembatan karena takut semua, terus kapan pelayanan publiknya," ungkap Donny. [**rtc]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT