Cara Mengelupaskan Sel Kulit Mati pada Wajah

Senin, 24 Agustus 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Mengelupaskan kulit atau exfoliation selalu mengundang kontroversi antara para ahli kecantikan. Beberapa diantara mereka berpendapat proses dari exfoliation akan berdampak buruk bagi kulit, sedangkan beberapa lainnya memiliki pendapat sebaliknya. Lingkungan sekitar kita memang tidak pernah luput dari pro dan kontra.

Ketika ada hal kontroversial yang berhubungan dengan kecantikan badan, rambut dan terutama wajah, keraguan dengan tanda tanya besar pasti akan muncul. Hal inilah yang terjadi pada exfoliation. Tidak jarang ahli kecantikan Indonesia pun yang pro dan kontra terhadap proses exfoliation. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak mengambil resiko untuk melakukannya walau sekali saja.

Bagi Anda yang memiliki hasrat dan keraguan yang sama besarnya untuk melakukan exfoliation, coba baca dan pahami tips berikut. Dilansir dari liputan6, Senin (24/08/15), ini tips exfoliation untuk segala jenis kulit.

Sensitif

Pasti Anda pernah mendengar pernyataan ini, "exfoliation dapat berdampak buruk untuk kulit sensitif.". Kulit sensitive sebenarnya bisa saja dikelupaskan. Tapi, produk yang akan digunakan harus lebih diperhatikan.

Jika Anda berniat menggunakan scrub untuk exfoliation, pilihlah scrub yang memiliki butiran halus. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan sabun muka atau masker yang mengandung lactic acid. Ukuran molekul dari Lactic acid tidak akan meresap masuk ke dalam kulit. Selain itu Lactic acid tidak menyebabkan rasa sakit yang berlebihan.

Kering

Sama saja dengan kulit sensitif, kulit kering juga memiliki permukaan kulit yang kering dan lebih beresiko.

Anda dapat menggunakan lotion yang kandungan hydroxy acids. Kandungandari hydroxy acids dapat juga digunakan untuk pengelupasan ringan.

Normal

Dari sebutannya saja pasti Anda pasti bisa memprediksikan bahwa orang dengan jenis kulit normal memiliki pilihan yang lebih banyak dalam merawat kulitnya. Produk dengan kandungan glycolic, salicylic, or lactic acid.

Berminyak

Hal utama yang penting diperhatikan ialah jangan pernah gunakan alat yang dapat dipakai ber kali-kali. Mengapa? Karena exfoliation adalah proses pengelupasan sel kulit mati.

Alternatif lain yang dapat dilkukan oleh pelimik kulit normal, adalah dengan menggunakan masker untuk mengelupaskan wajah yang akan mampu mensterilkan kulit. Salicylic acid atau scrub juga dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah Anda.

Kulit orang dewasa

Bagi Anda orang dewasa, leave-on exfoliators yang mengandung asam dari buah bisa menghilangkan sel kulit yang mati dan memperbaiki tekstur kulit. Pemilik kulit jenis yang satu ini hanya boleh mengelupaskan kulitnya dengan dalam jangka waktu paling lama sebulan sekali.[lp6]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT