265 Jemaah Haji Sulsel Gagal Berangkat, Dikarenakan Tak Miliki Visa

Senin, 24 Agustus 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sebanyak 265 orang jemaah calon haji asal Sulawesi Selatan gagal berangkat pada pemberangkatan kelompok terbang III pada Senin dinihari, 24 Agustus 2015.

Ratusan jemaah calon haji ini diketahui tak mengantongi visa dari pemerintah Arab Saudi. "Total, jemaah calon haji Indonesia yang tak memiliki visa mencapai 7.500 orang. Sebanyak 265 orang ada di Sulsel. Kami janjikan semua akan terpenuhi pekan depan," ujar Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang, Senin 24 Agustus 2015 laman viva memberitakan.

Terpisah, Komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia, Samsul Maarif, mengakui penundaan keberangkatan tersebut diketahui dalam pengecekan di otoritas penerbangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Untuk kloter pertama ada 88 orang yang tertunda keberangkatannya, disusul kloter tiga ada 16 jemaah yang batal berangkat.

Ia juga telah meminta agar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin turun tangan menyelesaikan pengurusan visa jemaah calon haji Indonesia, paling lambat pekan depan.

"Ini tidak bisa larut, dan menteri agama harus bertanggung jawab, sebab kapan tidak terakomodasi, Indonesia yang akan malu," katanya.

"Semestinya hal ini tidak boleh dibiarkan tanpa memberikan kepastian yang jelas pada jemaah haji Indonesia," tuturnya. [vva]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT