Inilah Penyebab Sepele yang Bikin Kita Cepat Tua

Inilah Penyebab Sepele yang Bikin Kita Cepat Tua

Metroterkini.com -  Keriput yang muncul di wajah kita bisa disebabkan karena malas menggunakan tabir surya. Ada anggapan tidak terlalu perlu, karena kebanyakan aktivitas yang dilakukan adalah di dalam kantor.

Laman liputan6 Memberitakan, Spesialis Kulit dan Kelamin dari Puan Jakarta Boutique Clinic, dr Amaranila Lalita Drijono mengatakan, masyarakat kita terlebih kaum perempuan kurang menyadari bahwa mereka pun seringkali menggunakan baju yang rada terbuka. Yang sudah tentu jadi santapan empuk sinar matahari.

"Kultur yang kita anut itu berasal dari 'Barat' (red: Eropa). Berjemurlah, mengenakan pakaian terbuka, dan hal-hal lain yang tanpa sadar membuat kita itu mudah sekali terpapar sinar matahari. Dan kondisi ini memiliki kaitan yang erat dengan penuaan dini," kata Amaranila di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (20/8/15) malam.

Itulah alasan penting untuk kita menggunakan tabir surya. Karena ini bentuk pencegahan utama dari penuaan diri. Jika ada anggapan tidak penting karena berada di kantor, tentu salah besar. Dia mengatakan, salah satu jenis sinar matahari yaitu UVA dapat menembus awan dan kaca, serta hadir secara stabil sepanjang hari. Tentu sinar UVA dapat menembus lapisan dermis kulit kita.

"Jika terpapar terlalu lama, bisa menjadi tipis. Akibatnya, penuaan kulit cepat terjadi. Tentu tidak mau dong, usia baru 30 tahun tapi sudah banyak garis halus di dahi. Atau kutil-kutil kecil?," kata Amaranila.[lp6]

Berita Lainnya

Index