Empat Kapal Perang Siaga saat Karnaval Khatulistiwa Sungai Kapuas 2015

Empat Kapal Perang Siaga saat Karnaval Khatulistiwa Sungai Kapuas 2015

Metroterkini.com – Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Heru Santoso menyatakan, Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak menyiagakan empat kapal perang Republik Indonesia untuk pengamanan sepanjang jalur Karnaval Khatulistiwa atau Karnaval Sungai Kapuas 2015 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Keempat KRI tersebut, yakni KRI Sembilan 850, KRI Kujang 642, KRI Silas Papare 386, dan KRI Teluk Cirebon 543, kapal-kapal raider serta Patkamla, untuk pengamanan dan pengawal kapal-kapal yang mengikuti Karnaval Khatulistiwa di Sungai Kapuas Pontianak," katanya, Jumat (21/8/2015) diberitakan okezone.

Heru mengatakan, model pengawalan dengan menempatkan satu KRI di depan dan belakang rombongan kapal peserta karnaval. “Selain itu, ada juga yang menjaga muara Sungai Kapuas,” tandasnya.

Karnaval yang akan berlangsung pada Sabtu, 22 Agustus ini dimulai dengan karnaval darat yang diikuti mobil hias dan pawai budaya. Karnaval akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

Kemudian, Presiden akan naik kapal yang sudah dipersiapkan menuju tempat pelepasan Karnaval Sungai Kapuas yang diikuti kapal-kapal hias. Rencana sementara, ada dua opsi tempat pelepasan karnaval sungai, yakni di depan Masjid Jami' atau di Taman Alun Kapuas.

Selain karnaval kapal dan mobil hias, pada malam harinya, rencananya juga akan digelar malam hiburan rakyat.[okz]

Berita Lainnya

Index