Pemkab Inhu Gagal Tertibkan Aset Daerah

Senin, 17 Agustus 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Penggunaan kendaraan plat merah, baik roda dua maapun roda empat selama ini di Kabupaten Inhu banyak disorot. Pasalnya, penggunaanya selama dinilai tidak sesuai dengan aturan karena digunakan oleh pihak yang bukan pejabat Pemda.

Bagian Aset Pengelola Pemkab Inhu dinilai “gagal” menertibkan kenderaan dinas. Sebab perawatan dan pajak kenderaan plat merah itu dibebankan ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun kendaraan tersebut banyak dimanfaatkan yang bukan pejabat atau fungsional pemerintah. Hal itu dinilai bertentangan dengan Permendagri No 17 Tahun 2007 tentang pedoman tehnis pengolahan barang milik daerah.

Kabag Aset Pemkab Inhu, Ir H Illyanto MT yang dihubungi wartawan mengaku masih melakukan pendataan. Padahal pihaknya pernah berjanji akan segera menertibkan mobil dinas.

Menyikapi hal tersebut, Ketua LSM MPR BerNas Inhu, Hatta Munir mengatakan, bila aset dibiarkan merajalela dikuasai oknum tertentu, yang terindikasi menguntungkan sepihak dan akan merugi daerah, sama dengan korupsi dan perlu dipertanyakan kepada Pemda yang membidangi bagian pengolahan aset.

Untuk itu Hatta mengharapkan agar Penjabat Bupati Inhu H Kasirudin SH, perlu menertibkan aset tersebut guna mengakhiri kritikan masyarakat dan kerugian negara karena penggunaan kenderaan dinas itu tak tepat guna.

"Seperti layaknya komputer, laptop, camera yang dimiliki Bagian Humas dan Bagian Aset Pemda Inhu, juga harus ditertibkan pemakaiannya, yang mana inventarisasi tersebut harus jelas. Jika rusak, barangnya harus ada, dan jika hilang harus ada berita acara penghapusannya. Maka di Bagian Pengolahan Aset tersebut, jangan dijadikan ajang kepentingan dan harus menarik semua aset yang tak tepat guna tersebut," ucapnya.

Sebelumnya ditempat terpisah, pengakuan Penjabat Bupati Inhu Kasiarudin SH kepada sejumlah wartawan, tengah menyurati Bagian Aset daerah untuk menertibkan dan mendata kembali sejumlah aset daerah, karena banyak kurang tepat penggunaannya.

“Dan hal ini, saya sudah perintahkan Bagian Aset untuk mendata kembali kendaraaan dinas milik Pemkab, dalam waktu dekat akan kita data dan siapa saja yang kini memakainya,”ucapnya H Kasiarudin saat dialog pada wartawan.

Secara terpisah, Kasiarudin kepada wartawan juga menyampaikan, juga menyinggung soal asset daerah didepan Kepala Kesbang Inhu Adri Bahar, Sekretaris Disdik Inhu, Winaldi, Kabag Tapem Hedry, Kabag Humas Jawalter, Kasubag Pemberitaan Rahmadi, Kasatpol PP Inhu Tukiat. [setia]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT