Festival Internasional Zapin Melayu Rohul Diramaikan 3 Negara Serumpun

Festival Internasional Zapin Melayu Rohul Diramaikan 3 Negara Serumpun

Metroterkini.com - Tiga Negara serumpun dijadwalkan bakal ikut meramaikan Festival Internasional Zapin Melayu yang akan dilaksanakan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke-16, pada 12 Oktober 2015.

Festival Internasional Zapin Melayu ini akan dilaksanakan bersamaan dengan even Rokan Hulu Creatif Carnaval (RCC) dan Rokan Hulu Expo 2015 dua bulan akan datang.

Hal itu dikatakan Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si saat meninjau persiapan lokasi RCC dan Rokan Hulu Expo 2015 di Gedung Daerah, Jalan Tuanku Tambusai Pasirpengaraian, Kamis (13/8/15).

"Tiga negara serumpun seperti Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam akan meramaikan Festival Internasional Zapin Melayu di Kabupaten Rokan Hulu," jelasnya.

Pembukaan Festival Internasional Zapin Melayu, jelas Achmad, akan dibuka pada 2 Oktober 2015. Dari itu, mulai hari ini, Pemkab Rohul terus menggesa persiapan, baik sarana dan prasarana pendukung dalam mensukseskan even skala Internasional.

Beberapa sarana dan prasarana pendukung digesa antara lain, lokasi acara, fisik Gedung Daerah, sound system, Air Conditioner (AC), lighting panggung, tempat duduk, dan sarana pendukung lain.

Bupati Achmad menargetkan rehabilitasi dan perbaikan Gedung Daerah akan tuntas bulan ini. "Karena kita hanya melakukan rehab ringan saja," ujarnya.

HUT Rohul ke-16 sendiri akan diperingati selama sepuluh hari, yakni mulai 2 Oktober hingga 12 Oktober. Berbagai acara seperti festival dan seni budaya akan ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Rohul pada tahun ini.

Menambah kemeriahan hari jadi Kabupaten Rohul, Pemkab Rohul juga menggelar Pameran Batu Akik. Seluruh batu akik khas Rohul akan dipamerkan di stand khusus. Panitia juga akan menggelar sejumlah festival kesenian, kontes burung berkicau, Jelajah Rimba Rohul, serta Parade Kendaraan Hias.

"Semua kegiatan yang kita lakukan semata untuk mempromosikan seluruh potensi dimiliki Rokan Hulu kepada dunia internasional," tandas Bupati Rohul Achmad.[hms/adv]

Berita Lainnya

Index