Meski Berbadan Dua Risty Tagor Diperbolehkan Menggugat Cerai Stuart

Kamis, 13 Agustus 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kabar keretakan perkawinan pasangan selebritas Risty Tagor dan Stuart Collin, yang baru seumur jagung masih simpang-siur. Tidak jelas dari mana, rumor perceraian keduanya kini telah menjadi bola liar.

Risty dan Stuart masih bungkam. Meski keduanya masih bungkam, namun dugaan retaknya hubungan keduanya semakin dikuatkan dengan Instagram Risty yang tak lagi memajang foto-foto Stu, julukan Stuart.

Tragisnya, isu perceraian ini terjadi saat mantan istri pesinetron Rifky Balweel tersebut sedang berbadan dua. Saat Ramadan lalu, Risty mengaku sedang hamil muda, setelah menikah dengan Stuart.

Walau sedang hamil, sesuai undang-undang, Risty tetap diperkenankan mengajukan gugatan cerai. Risty kabarnya mengajukan gugatan cerai, karena tidak mendapatkan nafkah lahir dan batin, serta dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Perempuan sedang hamil, atau tidak, pengadilan tidak bisa menolak gugatan. Nanti, pelaksanaan sidangnya tinggal diatur hakim," kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Kotamadya Bogor, Jawa Barat, Agus Yuspiain, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 12 Agustus 2015.

Sesuai hukum acara sidang, perempuan yang sedang hamil tetap boleh menggugat cerai suami. Pembedanya hanya di akibat perceraiannya saja. Agus menuturkan, kalau suami yang mengajukan cerai, suami wajib memberikan jaminan selama masa iddah (living cost) selama 100 hari.

Jaminan yang biasanya berupa uang itu diberikan per hari selama 100 hari. Pihak suami juga wajib memberikan uang mut'ah satu kali setelah ada putusan cerai. "Pihak istri mendapatkan hak-hak akibat perceraian jika suami yang mengajukan cerai," jelas Agus.[viva]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT