Saingi Batu Bacan, Kenali Batu Ruby Todulako Dari Sulawesi Tengah

Senin, 10 Agustus 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Mengenal Batu Ruby Todulako Dari Sulawesi Tengah, Banyak pecinta dan kolektor batu akik di Indonesia kini tengah berburu batu akik yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah. Mereka kini memburu batu akik lokal, yang diyakini tidak kalah dengan batu akik jenis Bacan Doko, Palamea, dan Bacan Kembang yang berasal dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Jenis batu akik lokal yang tengah diburu dan sangat diminati itu, bernama Batu Ruby Todulako.

Tidak hanya kolektor batu dari Indonesia saja yang memburu batu akik ini. Batu Ruby Todulako ini juga banyak diminati di negara Cina dengan harga yang sangat tinggi dan dipercaya sebagai batu mulia yang memiliki banyak sekali keutamaan. Indonesia patut berbangga karena memiliki batu giok nephrite sekaligus jadeite.

Batu Ruby Todulako yang asli dari Sulawesi ini setelah dilakukan uji laborotorium akhirnya dinyatakan sebagai “Natural Jadeite Jade”. Tentu saja ini adalah sebuah hal yang membahagiakan dikarenakan Jadeite adalah jenis giok yang langka dan berharga mahal.

Keunikan lain dari batu ini adalah, adanya unsur batu garnet yang berada di dalam giok tersebut, sejauh ini saya belum menemukan kasus serupa dari beberapa sampel giok yang saya dapatkan di internet, mungkin ini bisa menjadi nilai lebih dari batu ini di mata penggemar giok dunia.[psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT