Danrem 031/WB : Masyarakat Jangan Bakar Lahan dan Hutan

Senin, 03 Agustus 2015 - 00:00:20 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi,M.Si (Han) himbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, Senin (03/07/15) di Pekanbaru.

Pasalnya, dengan membakar lahan akan menimbulkan aroma asap yang menyengat dan dapat menyesakkan dada,juga asap sangat mengganggu aktivitas masyarakat.

Tidak hanya itu,Pembakaran lahan dan Hutan tersebut juga dapat merusak kesehatan,banyakkerugian lainnya yang ditimbulkan,seperti bidang ekonomi,pendidikan, transportasi,dan lainnya.

“Pada musim kemarau rawa gambut yang terdapat di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau sangat mudah terbakar,” sebutnya.

Dikatakannya,Rawa gambut adalah suatu lahan yang sangat sulit untuk dipadamkan.meskipun titik api tersebut terlihat dipermukaan.namun api tersebut sangat terasa sulit untuk dipadamkan.sehingga dalam kurun waktu cepat api tersebut akan segera merambat ke lahan lain nya.

“Dalam waktu tidak lama,api akan muncul ke permukaan kembali hingga menyebabkan kebakaran lahan susulan,” ujarnya.

Menurut Nurhendi,Kebakaran Hutan dan lahan tersebut dapat merusak kesehatan.dimana pasca menghirup Asap tersebut dapat mengakibatkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“10 tahun kedepannya, dampak asap akan terasa bagi generasi penerus kita.Walaupun saat ini dampak dari asap tidak terasa bagi tubuh kita," tutupnya. [**son-rls]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT