Inilah Batu Kinyang Teh Kekayaan Alam Asal Tanah Belitung Indoneisa

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Indonesia merupakan negara yang menjadi surga bagi para pecinta batu akik. Dengan banyaknya jenis batu akik yang terdapat di hampir seluruh wilayah di negeri ini. Batu akik yang ada di tanah tercinta ini tak hanya diburu para kolektor domestik, namun para kolektor batu mulia dari mancanegara sudah mulai masuk ke Indonesia.

Dari banyaknya jenis batu akik yang ada, Batu Kinyang Teh dari pulau Belitung menjadi salah satu jenis yang sangat digemari oleh para pecinta batu akik. Pulau Belitung yang terletak di antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan memang menyimpan kekayaan alam yang sungguh luar biasa. Selain terkenal dengan keelokan pantainya, pulau yang dikenal dengan nama Negeri Laskar Pelangi itu juga tersohor akan potensi batu akiknya seperti dikatakan pusatbatu.

Selama ini mungkin para pecinta batu akik  hanya mengenal batu Satam apabila dikaitkan dengan Belitung. Batu Satam berwarna hitam dan memiliki urat-urat yang khas itu terbentuk dari proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan bumi pada jutaan tahun lalu.

Selain batu Satam, sebenarnya ada lagi jenis batu akik yang terkenal dari Belitung. Yaitu batu Kinyang Teh yang berwarna coklat jernih mirip warna teh serta kadang diselimuti warna-warni yang cantik.

Batu Kinyang teh, adalah salah satu dari Gems Stone yang kerap kali muncul di kawasan penambangan timah, begitu orang mencari mineral yang satu ini. Pada masa dahulu bongkahan-bongkahan batu kinyang teh seringkali dibuang atau ikut hancur bersama mesin-mesin Tambang Inkonvensional, tidak ada yang perduli. Sekarang, status kinyang teh dan kinyang2 lain nya sendiri sudah naik kelas, dan berbeda. Malah, banyak orang yang datang ke area penambangan timah – tidak lagi mencari timah, tetapi mencari kinyang! [psb]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT