Nama Turnamen Piala Indonesia Satu Jadi Piala Presiden 2015

Nama Turnamen Piala Indonesia Satu Jadi Piala Presiden 2015

Metroterkini.com - Turnamen Piala Indonesia Satu 2015 yang digagas Mahaka Sports and Entertainment kembali mengalami perubahan nama. Hal itu terlihat dari surat yang dikirimkan pihak Mahaka ke sejumlah kontestan turnamen garapannya itu.

Dalam surat yang diterima manajemen PSM Makassar, tertanggal 31 Juli 2015 dan ditandatangani Direktur Utama Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani, perihal penunjukan Makassar sebagai tuan rumah turnamen, pihak promotor tak lagi menggunakan nama "Piala Indonesia Satu" melainkan kembali menggunakan nama "Piala Presiden 2015".

Pada awalnya, pihak Mahaka Sports and Entertainment sudah menggunakan nama Piala Presiden 2015 sebagai nama turnamen yang digagasnya ini. Namun, perubahan dilakukan jelang akhir Juni lalu karena nama "Piala Presiden" sudah diklaim Tim Transisi untuk turnamen garapan mereka.

Perubahan nama turnamen itu juga bisa jadi seiring kabar yang menyebut kick-off turnamen ini akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo, di Bali, pada 30 Agustus. Selain itu, peserta turnamen yang mayoritas berstatus klub ISL menambah gengsi. Apalagi, bila melihat total hadiah yang dijanjikan, yakni sebesar Rp 7 miliar, makin mengukukuhkan gengsi turnamen ini.

Dalam korespondensi yang dilakukan pihak promotor dengan peserta turnamen itu, juga disampaikan mengenai penyelenggaraan babak penyisihan grup. Sesuai rencana sebelumnya, 16 klub peserta akan dibagi ke dalam empat grup. Sesuai surat yang diterima PSM dengan nomor  179-CH/MS-event/2015, Mahaka Sports and Entertainment menunjuk Bali United Pusam (Bali), PSM (Makassar), Arema Cronus (Malang), dan Persib (Bandung) sebagai tuan rumah.

Penamaan grup didasarkan pada kota penyelenggara sehingga Piala Presiden 2015 akan memiliki Grup Bali, Grup Makassar, Grup Malang, dan Grup Bandung, dengan setiap grup dihuni empat tim.

Kick-off Piala Presiden 2015 juga tidak serentak karena sesuai jadwal, Bali akan mengawali turnamen ini pada 30 Agustus kemudian secara beruntun berselisih satu hari. Seusai Bali kemudian Makassar, Malang, dan terakhir Bandung, pada  2 September 2015.

Pihak Mahaka berharap tuan rumah yang telah ditunjuk mempersiapkan berbagai hal mulai penginapan untuk tim tamu dan ofisial, transportasi, lapangan, hingga keamanan. Pihak promotor masih akan melakukan survei untuk mengecek kondisi terkini terkait kesiapan para tuan rumah.

Pada 13 Agustus, Mahaka juga merencanakan mengundang para manajer klub peserta dalam sebuah pertemuan di Jakarta untuk membicarakan persiapan jelang turnamen. 

"Bila peserta sudah pasti, kami akan bertemu dan membicarakan sejumlah hal seperti format turnamen, perangkat pertandingan, dan sebagainya," kata Hasani Abdulgani, Direktur Utama Mahaka Sports and Entertainment.

Berikut jadwal babak penyisihan grup Piala Presiden 2015:

Grup Bali: 30 Agustus-7 September
Grup Makassar: 31 Agustus-8 September 2015
Grup Malang: 1-9 September 2015
Grup Bandung: 2-10 September 2015
sumber: bola.com

Berita Lainnya

Index