Herliyan-Reza Pahlevi Resmi Mendaftar ke KPU

Senin, 27 Juli 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Calon bupati Bengkalis, Herliyan Saleh-Riza Pahlevi berjalan kaki mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Bengkalis, Senin (17/7/15). Keduanya mendaftar untuk memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati Bengkalis periode 2015-2020 pada Pilkada Bengkalis 9 Desember mendatang.

Selain Herliyan Saleh, pasangan Amril Mukminin-H Muhammad juga mendaftar ke KPU Bengkalis. Pasangan Amril Mukminin-Muhammad mendaftar pertama ke KPU Bengkalis, Senin siang. Keduanya didampingi isteri dan diantar partai pengusung serta simpatisan.

Sebelumnya mendaftar, pasangan ini menggelar deklarasi dengan lima partai pendukung, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Hotel Marina.

Amril-Muhammad datang ke KPU mengenakan baju melayu warna putih dipadu dengan tenun lejo warna kuning keemasan serta peci.

Keduanya bersama isteri dan simpatisan berjalan kaki dari lapangan sepakbola Jalan Pertanian diiringi kompang, reok dan barongsai.

Pada sorenya, giliran pasangan Herliyan Saleh-Riza Pahlevi yang daftar ke KPU. Diiringi hujan gerimis, Herliyan-Reza didampingi istri masing-masing serta para pendukung berjalan kaki dari Kantor DPD PAN Bengkalis, Jalan Pertanian ke Kantor KPU.

Herliyan-Riza mengenakan pakaian melayu warna putih dan tenun leju juga warnai putih dipadu benang emas serta peci ini, didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura dan Gerindra.

Sementara KPU selaku penyelenggara menyambut para pasangan calon ini seperti layaknya orang yang tengah kenduri. Mereka (KPU) menyulap Kantor KPU layaknya rumah yang sedang menggelar pesta perkawinan.

Ruang tengah KPU dihiasasi dengan hiasan bernuansa adat Melayu. Pasangan calon yang daftar maupun partai pengusun semuanya duduk bersila di lantai.

Sebelum masuk Kantor KPU, di pintu pagar, grup kompang sudah menunggu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati bersama partai pendukung sertai taburan beras kunyit. Kemudian sesampai di pintu masuk, disambut dengan silat.

''Seperti KUA yang mau menikahkan pasangan pengantin. KUA-nya adalah KPU sementara pengantinnya calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar,'' ujar salah seorang simpatisan Herliyan-Riza di sela-sela pendaftaran.

Kemudian sebelum prosesi acara pendataran dimulai, diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran.  Kemudian susunan acara demi acara juga penuh dengan bait-bait pantun.

Demikian juga dalam sambutan yang disampaikan Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar. Setiap penjelasan menggunakan bait-bait pantuan yang indah dan enak didengar.

Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar dalam sambutannya mengatakan, setelah pendaftaran proses selanjutnya adalah berkas dukungan partai politik akan diverifikasi dan diteliti apakah sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan KPU No 9 dan 12 tahun 2015, dari tanggal 28 Juli sampai 3 Agustus mendatang.

‘’Tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 24 Agustus 2015 dan pencabutan nomor urut pada tanggal  25 Agustus 2015,’’ ujar Ketua KPU. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT