Bunga Bangkai Asal Sumatra Mekar di Jepang dan Inggris

Bunga Bangkai Asal Sumatra Mekar di Jepang dan Inggris

Metroterkini.com - Bunga bangkai jenis titan arum di Jindai Botanical Gardens, Tokyo, Jepang, mekar pada Selasa (21/7). Peristiwa ini hanya terjadi setiap beberapa tahun sekali dan hanya berlangsung sekitar satu hari. 

Bunga eksotis ini dikenal karena baunya yang berbeda dari bunga lainnya, menyerupai bau daging busuk. 

Bunga titan arum yang berada di Jindai Botanical Gardens ini lebarnya mencapai satu meter ketika bunga tersebut sudah mekar dengan sepenuhnya pada pukul 11 malam hari Selasa. 

"Baunya tajam, membuat orang menjadi ragu untuk mendekati bunga tersebut," ujar taman tersebut dalam akun Twitter-nya. Salah satu juru bicara taman tersebut mengatakan bahwa bau yang dikeluarkan bunga itu mengingatkannya akan bau ikan busuk di pelabuhan.

Juru bicara tersebut juga menambahkan, mekarnya bunga titan arum ini adalah yang pertama kali selama lima tahun di taman itu. Namun, pada Rabu (22/7) sore, bunga itu sudah mulai menyusut serta baunya sudah mulai menghilang.

Menurut Botanic Garden yang ada di Amerika Serikat, titan arum juga dikenal sebagai "bunga bangkai", berasal dari Sumatera, Indonesia, dan memiliki salah satu perbungaan tak bercabang di dalam kerajaan tumbuhan. Baunya dapat menarik serangga penyerbuk maupun kumbang dan kotoran dilansir CNN.

Menurut taman tersebut, hanya ada 10 titan arum yang berbunga di Jepang.

Hal yang sama dialami oleh taman botani di Cambridge, Inggris. Bunga titan arum asal sumatra di tempat itu mekar untuk pertama kalinya dalam 11 tahun pada Sabtu lalu.
Lebih dari 7.000 orang yang penasaran memadati taman botani Cambridge untuk melihat dan mencium bunga bangkai tersebut. Bunga ini terakhir mekar tahun 2004 dan dilihat oleh sekitar 10 ribu orang.[cnn]

Berita Lainnya

Index