Syamsul Rakan Buka Muswil IKPS Riau, Jhon Satri Terpilih Jadi Ketua

Senin, 06 Juli 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Tokoh masyarakat Riau asal Kabupaten Pesisir Selatan, H Syamsul Rakan Chaniago, SH, MH, membuka musyawarah wilayah Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Provinsi Riau di ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Minggu (5/7/2015).

Hadir dalam Muswil tersebut Plt Ketua Umum IKPS Provinsi Riau, Drs Arbi, MM, penasehat IKPS Riau, Prof DR Ir Adnan Kasri, para ketua dewan pimpinan daerah (DPD) IKPS kabupaten kota se-Provinsi Riau serta ratusan anggota.

Ketua pelaksana Muswil, H Jhon Satri, SH, MH, dalam kata sambutannya memaparkan, bahwa ini merupakan Muswil IKPS pertama untuk mencari ketua dan pengurus IKPS Provinsi Riau, sepeninggal  Ketua IKPS Provinsi Riau, DR H Arbi meninggal dunia pada 2014 lalu.

DR H Arbi (Alm) semasa hidupnya merupakan tokoh sentral IKPS Riau. Namun, pasca meninggal DR H Arbi, pengurus IKPS seperti lesu darah.

Untuk itu, Syamsul Rakan memerintahkan Jhon Satri berembuk dengan para tokoh IKPS sekabupaten kota untuk menggelar Muswil membentuk kepengurusan IKPS Provinsi Riau yang baru periode 2015-2020.

"Da Syamsul (Bang Syamsul, red) memerintahkan saya agar mengelar Muswil. Karena warga Riau asal Kabupaten Pesisir Selatan sangat memerlukan IKPS sebagai wadah silatuhrami dan membahas bermacam masalah yang dihadapi warga IKPS," kata Jhon Satri dalam kata sambutannya.

Sementara Plt IKPS Provinsi Riau, Drs H Arbi, MM, dalam kata sambutannya mengkilas balik perjalanan IKPS era kepemimpinan DR H Arbi SH, MM (alm).

Penasehat IKPS, Prof DR Ir Adnan Kasri menjelaskan, IKPS merupakan organisasi sosial yang tidak terikat dengan ormas dan partai politik.

IKPS bertujuan menjadi wadah yang diperlukan warga Riau asal Pesisir Selatan.

Untuk itu, pengurus terpilih baik secara adat dan moral harus menghimpun seluruh warga Riau asal Pesisir Selatan. Selain itu, pengurus Provinsi harus selalu membangun komunisasi dengan pengurus kabupaten kota, dengan juga sebaliknya.

Disamping itu, pengurus IKPS harus membangun komunikasi dengan pemerintah, aparat keamanan, dan dengan peguyuban daerah lain.

H Syamsul Rakan Chaniago, SH, MH, dalam kata sambutannya mengingatkan warga IKPS di Riau tentang potensi yang dimiliki Kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten diujung Selatan Provinsi Sumatera Barat itu menjadi perhatian dunia dibidang pariwisata, karena memiliki objek wisata Mande di Tarusan dan Carocok Painan. Objek Mande merupakan Raja Empat nya Indonesia Barat.

Syamsul Rakan juga tak lupa menceritakan awal-awal berdirinya IKPS ditahun 70 an dengan anggota yang masih sedikit dan keterbatasan dana.

Bahkan, pengurus dan anggota pernah menggelar halal bi halal di aula SD reot dan dihibur dengan sulap.

Namun, sejalan perkembangan waktu perekonomian pengurus dan warga IKPS mulai membaik.

"Sekarang sudah berkembang, saya berharap pengurus IKPS bisa membuat organisasi lebih maju," kata Syamsul Rakan Chaniago yang saat ini menjabat Hakim Agung Tipikor.

Pada akhir sambutannya Syamsul Rakan meminta pengurus IKPS kabupatn dan kecamatan agar mendata warga dan mencari jalan keluar jika ada persoalan mereka.

Pada kesempatan itu, Syamsul juga menjelaskan mengapa IKPS keluar dari IKMR. Ia berharap posisi tersebut tetap dipertahankan, kecuali ada perubahan pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IKMR.

"Kita akan masuk ke IKMR asal anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IKMR dirubah, soalnya IKPS masih mendukung IKSB," pungkas Syamsul Rakan Chaniago.

Usai acara seromonial dilanjutkan dengan prosesi pemilihan Ketua IKPS. Dimana dalam pemilihan ini, sebanyak 132 pemilih suara memunculkan dua nama, yakni Jhon Satri, SH, MH dan Ir Delisis Hasanto.

Dalam pemilihan secara voting akjirnya Jhon Satri memperoleh sebanyak 67 suara dan Ir Delisis Hasanto 65 suara.

Dengan demikian, forum memberi kesempatan kepada Jhon Satri bersama Tim Formatur untuk menyusun kepengurusan IKPS Provinsi Riau periode 2015-2020.

Usai pemilihan acara Muswil dilanjutkan dengan berbuka bersama. [rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT