Amerika Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Amerika Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Metroterkini.com - Jumat pagi kemarin atau tanggal 26 juni waktu setempat, komunitas penyuka sesama jenis (LGBTQ) Amerika bersorak sorai gembira setelah pemerintah Amerika secara resmi melegalkan pernikahan sejenis di 50 negara bagian. Dan untuk merayakannya, dunia maya kini dipenuhi oleh pelangi.

Ya, bila Anda browsing di Internet, Anda akan menemukan banyak logo situs asal Amerika yang semunya berubah menjadi bermotif warna-warni bak pelangi. Beberapa situs itu adalah YouTube, PCMag, hingga 9Gag.

Motif pelangi itu dipakai untuk memberikan dukungan pada pasangan sesama jenis yang kini bisa dengan sah menikah di berbagai daerah di Amerika.

Bahkan beberapa tokoh teknologi dunia maya, seperti Mark Zuckerberg juga mengganti foto profil Facebooknya dengan motif pelangi. Facebook juga menyediakan tool khusus di Facebook untuk membantu pengguna menambahkan motif pelangi pada foto profil dengan cepat, hanya dengan satu kali klik!

Lalu, mengapa warna pelangi yang dipilih netizen mengungkapkan dukungan pada pernikahan sesama jenis?

Ternyata, bendera pelangi adalah bendera resmi komunitas gay dan lesbian. Bendera itu diciptakan oleh seniman gay asal San Francisco, Gilbert Baker di tahun 1978.

Saat pertama membuat bendera itu, Gilbert Baker yang pernah menjadi tentara Amerika itu hanya didukung oleh sekitar 30an sukarelawan. Namun kini, berdasarkan data Facebook, jumlah anggota gay jejaring sosial terbesar di dunia itu telah menyebar di seluruh kawasan Amerika, jauh berlipat ganda dari tahun 2008 silam.[***merdeka]

Berita Lainnya

Index