RT Diminta Sukseskan Pemutakhiran Data Pemilih

Selasa, 23 Juni 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh meminta seluruh Ketua Rukun Tetangga (RT) se-Kabupaten Bengkalis untuk mensukseskan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT).

Kepala desa maupun lurah hendaknya mengontrol RT yang tidak peduli dengan PBDT tersebut.

“Jangan sampai ada satu warga miskin pun yang tercecer, ini sebagai dasar untuk penerapan Program Perlindungan Sosial, seperti raskin dan lain sebagainya,” ujar Herliyan Saleh kepada wartawan disela-sela safari Ramadhan, beberapa hari lalu.

Hal itu disampaikan Herliyan menyusul adanya informasi dari warga, bahwa ada RT yang terkesan kurang respon terhadap PBDT.

Bupati meminta agar RT yang kurang merespon dikhuatirkan hasil PBDT tidak akurat, karena bisa saja ada warga miskin tidak terdata.

“Memang untuk pemutakhiran ini nantinya ada petugas dari BPS yang turun ke lapangan, tapi kalau data yang diberikan oleh RT tidak akurat tentu berpotensi untuk terjadi bias,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Herliyan menginstruksikan kepada kepala desa maupun lurah agar benar-benar mengontrol kinerja RT. Kalau ada di wilayah kerjanya ditemukan RT yang kurang respon terhadap PBDT hendaknya diberikan teguran.

“Kalau ternyata tetap tidak menjalakan tugasnya dengan baik, tolong catat namanya dan laporkan ke kecamatan. Sebagai RT harusnya peduli dengan warganya,” ujar Herliyan lagi.

Sebelumnya diberitakan, untuk PBDT ini Kepala BPS Bengkalis, Rafdi ST mengatakan, sebagian besar desa/kelurahan di Kabupaten Bengkalis telah menyelesaikan Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk menjaring warga miskin. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT