Pansel Kunci Persyaratan Calon Dirut dari Luar PDAM

Jumat, 19 Juni 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com- Panitia seleksi penyaringan calon Direktur PDAM Kabupaten Bengkalis periode 2015-1019 menerapkan standar khusus atau mengunci syarat calon direktur PDAM yang berminat.

Syarat itu adalah, seorang calon harus lulus pelatihan managemen air minum di dalam atau di luar negeri yang telah diakreditasi, dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah. Ini tertuang dalam lampiran di huruf (d), syarat yang dibuat Pansel.

Ketua Tim Pansel calon Direktur PDAM Bengkalis, Heri Indra Putra, menegaskan, persyaratan itu sesuai dengan Permendagri No 2 Tahun 2007, bahwa persyarakat harus memiliki sertifikat atau ijazah kelulusan managemen air minum.

Sebaliknya masyarakat berpendapat lain. Seperti diungkapkan Dasrul warga Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis. Menurutnya, syarat ini otomatis menutup peluang bagi calon diluar PDAM.

Dasrul berpendapat persyarakat tersebut sebaiknya khusus bagi orang PDAM. Sementara orang luar PDAM syarat tersebut ditiadakan.

Alasan Dasrul, calon diluar PDAM diyakini tidak akan mempunyai sertifikat kelulusan managemen air minum.

"Saya nilai Tim Pansel tidak mengerti tentang maksud aturan tersebut. Akibatnya menimbulkan berbagai asumsi dari berbagai kalangan," ungkap Dasrul, Jum'at siang.

‎Sementara itu, Ketua Tim Panitia Seleksi (Pasel), Direktur PDAM Bengkalis, Heri Indra Putra, ketika dihubungi mengaku tidak mengurangi maupun menambahkan persyaratan dari aturan yang berlaku.

"Itu memang sudah aturannya. Dan kami sedikitpun tidak menambahkan ataupun menguranginya. Bahkan ketika kami diangkat sebagai tim Pansel, ‎kami telah mempertanyakan, jika dari seluruh calon dari dalam dan luar PDAM itu diberlakukan persyaratan sama seperti di huruf (d), apakah mereka bisa masuk," ungkap Asisten II Setda Bengkalis ini.

Sampai saat ini sudah ada 10 orang yang mendaftar sebagai calon direktur PDAM. Heri menegaskan, dalam waktu dekat pendaftaran akan segera ditutup. Pihaknya mengimbau berminat untuk segera mendaftar. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT