Petang Megang Budaya Masyarakat Melayu Sambut Ramadhan

Kamis, 18 Juni 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Meteroterkini.com - Jelang masuk puasa pertama yang jatuh pada hari Kamis (18/6/15), warga kota Pekanbaru bersuka-cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan meramaikan acara tradisi menyambut bulan puasa yang dikenal oleh masyarakat Pekanbaru dengan nama Petang Megang.

Acara tradisi ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan kegembiraan umat Islam, khususnya warga Kota Pekanbaru atas datangnya bulan Ramadan.

Ribuan masyarakat Pekanbaru tumpah ruah memenuhi lokasi acara petang megang, Jembatan Leigthon I dan III serta pinggiran Sungai Siak yang dipenuhi masyarakat dengan antusias menyaksikan kegiatan tersebut.

Sebelum pelaksanaan acara ini, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan ziarah ke makam para tokoh dan pendiri kota Pekanbaru. Adapun susunan acara inti terdiri dari memukul tabuh tradisi, balimau, memandikan anak yatim dan diakhiri dengan lomba menangkap itik yang dilepas ke Sungai Siak.

Acara yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru (Wawako) Ayat Cahyadi, dalam sambutannya mengatakan, acara petang megang ini adalah sebuah tradisi khasanah budaya masyarakat melayu bernafaskan Islami yang patut dilestarikan.

“Pemerintah akan menjadikan kegiatan tahunan ini tidak hanya sebagai sebuah acara tradisi, tetapi kita akan terus promosikan agar tradisi menyambut datangnya bulan puasa dari masyarakat melayu ini menjadi sebuah event wisata daerah kota Pekanbaru yang tidak hanya dikenal oleh masyarakat kota Pekanbaru, tapi juga dikenal hingga ke manca negara,” kata Ayat Cahyadi.

Hadir pada acara itu Ketua Komisi III Bidang Pendidikan DPRD Kota Pekanbaru, Ir.Nofrizal,MM, Dandim 0301/Pbr Letkol Inf M. Ilyas, Sekda Kota Pekanbaru Syukri Harto, Tokoh Adat Melayu Pekanbaru, Tokoh Agama, Para Kepala Dinas Kota Pekanbaru. [penrem]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT