Peserta Calon Anggota Panwascam di Rohil Terbanyak se Riau

Senin, 15 Juni 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Antusias masyarakat Rokan Hilir untuk ikut sebagai Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sangat tinggi. Dari 9 kabupaten/kota di Riau, Kabupaten Rokan Hilir merupakan kabupaten yang paling banyak pesertanya mengikuti tes calon anggota Panwascam.

"Daerah lain tidak begitu banyak yang ikut mendaftar jika dibandingkan di Rohil yang paling banyak. Jumlah yang mendaftar 170 orang dan tidak lulus hanya 4 orang karen tidak memenuhi persyaratan. Tinggal 166 orang yang dinyatakan layak mengikuti tes tertulis. Dari jumlah tersebut ada 8 orang peserta wanita dan sisanya pria. Sebelumnya hanya ada satu dua orang wanita yang ikut mendaftar," ujar Jaka Abdillah, Ketua Panwas Kabupaten Rohil kepada wartawan, Senini (15/15).

Tambah Jaka lagi, tujuan dilaksanakannya tes tertulis kepada seluruh calon anggota Panwascam hanya untuk menguji kemampuan secara akademis dan Pengetahuan masing-masing calon terkait dalam melakukan Pengawasan nantinya di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nantinya.

"Salah satu tugas Anggota Panwascam nantinya adalah memastikan apakah masyarakat terdaftar sebagai pemilih atau tidak. Jangan sampai dikemudian hari, ada kabar adanya masyarakat tidak terdaftar sebagai pemilih," imbuh Ketua Panwaskab.

Sambungnya, anggota Panwascam juga berhak menelusuri pelanggaran di TPS-TPS yang ada di wilayah pengawasannya. Apakah pelanggaran administrasi atau Pidana. "Itulah tugas Panwascam," pungkasnya.[tris]

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT