Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru

Ahad, 14 Juni 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Remaja berusia 15 tahun asal Inggris bernama Tom Wagg berhasil menemukan sebuah planet baru di luar angkasa. Penemuan planet tersebut bahkan belum bisa dilakukan oleh astronom profesional.

Sebagaimana dilaporkan Okezone, Minggu (14/6/2015), menurut Universitas Keele di Inggris, Wagg pada awalnya terlibat dalam program magang yang dilaksanakan sekira dua tahun lalu. Remaja 15 tahun itu menemukan sebuah planet yang berjarak 1000 tahun cahaya dari Bumi melalui sebuah software bernama WASP (Wide Angle Search for Planets).

Wagg menemukan planet tersebut dengan melihat data yang dikumpulkan oleh WASP. WASP sendiri merupakan sebuah software yang mampu memonitoring jutaan bintang di langit untuk mencari sebuah jejak yang disebabkan oleh pergerakan planet yang bergerak di depan bintang utama.

“Ini benar-benar manarik, saya sangat kagum. Penemuan tersebut merupakan sesuatu yang sangat membanggakan untuk diberitahu kepada orang lain,” ujar Wagg.

Planet Wagg, yang belum diberikan nama hingga saat ini, diberi nomor katalog WASP-142b, dan terletak di galaksi yang berjarak 1000 tahun cahaya dari Bumi. Dalam kelas exoplanets, planet tersebut dikenal sebagai Hot Jupiters karena planet tersebut berukuran sangat besar dan mengorbit sangat dekat dengan Bintang utama.

Dengan keberhasilannya menemukan planet baru, Wagg pun menjadi salah satu orang termuda yang pernah menemukan sebuah planet baru. Setelah lulus SMA, Wagg pun berencana untuk mengambil jurusan Fisika di perguruan tinggi.[oze]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT