Seorang Hacker Klaim Berhasil Hapus 23 Ribu Email Pemerintah AS

Sabtu, 13 Juni 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Seorang hacker dikabarkan telah berhasil menghapus database yang berisi 23 ribu alamat email PNS Amerika Serikat. Laporan ini terungkap dari sebuah forum dark hacking pada Kamis kemarin seperti 
dilansir dari laman Motherboard, Sabtu (13/6/15). Database yang berhasil dihapus tersebut berisikan lebih dari 9 ribu alamat email pemerintah (.gov) dan 12 ribu alamat email militer (.mil)

Kasus penghapusan ini sepertinya terkait dengan pembobolan data kepegawaian Office of Personal Management (OPM) Amerika Serikat beberapa hari lalu. Pasalnya sang hacker mengaku mendapat data dari seseorang bernama Ebolabad.

Sosok Ebolabad mengklaim dirinya yang berada di balik pembobolan data kepegawaian OPM. Besar kemungkinan Ebolabad menjual data tersebut kepada penawaran tertinggi. 

Tidak jelas apakah database ini benar-benar berasal dari OPM. Tapi kebanyakan pengguna yang ada dalam database tersebut memiliki alamat pemerintah, mulai dari FBI, Departemen Kemanan Dalam Negeri, Departemen Hukum, Lembaga Permasyarakatan, Air Force dan Angkatan Laut.

Pembobolan yang terjadi di OPM sendiri dikatakan sebagai yang terbesar dalam sejarah pemerintahan Amerika Serikat. Sebanyak empat juta data pegawai dan pensiunan PNS yang tersimpan dalam OPM berhasil dicuri.

OPM mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan pada sistem informasi mereka pada April lalu. Setelah serangkaian penyidikan pada Mei lalu, Homeland Security Department menyimpulkan OPM telah dibobol hacker.

Sejak peretasan itu, OPM menerapkan pengamanan tambahan untuk jaringannya sebagai upaya pencegahan. Mereka pun telah memberitahukan empat juta orang yang bisa terdampak atas serangan itu. OPM menawarkan pemantauan dan layanan penanganan pencurian identitas kepada mereka. [dtc]

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT