Akibat Gelombang Panas India Korban Bertambah 40 Orang

Selasa, 09 Juni 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Korban tewas akibat gelombang panas Matahari di India bertambah 40 orang selama beberapa hari belakangan di Negara Bagian Orissa, menurut beberapa pejabat.

Sementara itu, di Ibu Kota New Delhi, suhu tercatat rata-rata mencapai 42 derajat Celsius pada Senin (08/06/2015), dilansir dari rimanews. Dan, udara panas juga dilaporkan di banyak bagian negeri tersebut kendati musim hujan mulai tiba di India Selatan pada akhir pekan lalu.

Sedikitnya 2.360 orang telah tewas akibat gelombang panas di seluruh negeri itu sejak penghujung Mei, kebanyakan di bagian tenggara India, kata para pejabat.

Tertundanya kedatangan musim hujan, yang mengguyur Negara Bagian Kerala di India Selatan pada akhir pekan lalu, sebagian terjadi akibat gelombang panas yang tidak biasa. Tapi banyak ahli mengatakan perubahan iklim dan pemanasan global adalah faktor utama cuaca ekstrem di India.

Departemen Meteorologi India memprakirakan hujan atau hujan lebat yang disertai badai melanda beberapa tempat dalam 24 jam mendatang, tapi udara panas diperkirakan belum akan reda dalam beberapa hari ke depan.[rmn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT