Wabup Tutup MTQ ke-40 Kabupaten Bengkalis

Wabup Tutup MTQ ke-40 Kabupaten Bengkalis

Metroterkini.com - Pehelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015 yang dibuka Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Sabtu (30/5) minggu lalu di Lapangan Tugu Bengkalis, Jum'at (5/6) malam ditutup oleh Wakil Bupati H Suayatno.

Dalam kata sambutannya, Suayatno mengimbau perhelatan MTQ menjadi sebuah motivasi dan spirit umat Islam di Kabupaten Bengkalis untuk semakin mencinta  Al-quran sebagai tuntunan dan pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Kecintaan terhadap kitabullah ini hendaknya direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Islam. Khusus para generasi muda agar senantiasa meningkatkan seni baca Al-quran, sekaligus memahami dan mengkaji isi kandungannya.

Penutupan yang penuh hidmat ini dihadiri sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tokoh masyarakat, Camat dan kafilah kecamatan, terutama para finalis pada perhelatan MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Bengkalis serta ribuan masyarakat.  

Prosesi penutupan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wabup Bengkalis Suayatno, Sekretaris Daerah Bengkalis, Burhanuddin, Kepala Kantor Kemenag Bengkalis, Jumari, Ketua LPTQ Bengkalis, H  Ariyanto, dan Forkopimda Bengkalis. Dilanjutkan dengan penurunan bendera MTQ ke-40 yang berkibar sejak 30 Mei yang lalu.

Ditegaskan Suayatno, perhelatan MTQ ke-40, memiliki makna yang amat penting bagi umat Islam khususnya di Kabupaten Bengkalis. Karena kegiatan yang religius ini merupakan momentum untuk memperkokoh silturahmi, ukuwah islamiyah dan pengamalan nilai-nilai Al-quran di kalangan umat Islam di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan tersebut.

Selama sepekan perhelatan MTQ ke-40 berlangsung, masyarakat dapat menyaksikan penampilan dan mendengarkan keindahan suara seni bacaan Al quran yang dilantunkan oleh para peserta, menggetarkan dan menyentuh hati para pendengar.

"Ini harus menjadi motivasi bagi anak-anak umat Islam di Kabupaten Bengkalis, untuk menjadi kader Al quran yang berkualitas," kata Suayatno.

Pada kesempatan itu, mantan Wakil Ketua DPRD Bengkalis ini mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis untuk membaca Al-qur’an setiap hari.

Terlebih, Pemkab Bengkalis telah mencanangkan program Kabupaten Bengkalis satu hari khatam al quran.

“ Jika masyarakat membiasakan membaca Alquran bisa dilakukan secara simultan dan berkelanjutan setiap hari, insya-Allah masyarakat Kabupaten Bengkalis dapat merealisasikan sehari khatam Alquran,” ujar Suayatno.  

Dikatakan Suayatno, program satu hari khatam Alquran harus menjadi sebuah kebiasaan dan kebutuhan sehari-hari, sehingga akan tumbuh keinginan umat Islam untuk selalu memenuhinya.

Menunaikan tradisi satu hari khatam Alquran, bisa dilaksanakan usai shalat maghrib maupun waktu-waktu lapang lainnya, seperti sepertiga malam terakhir, usai shalat malam

Sebagai umat Islam yang sejak kecil mengenal  Al-quran, terasa  rugi apabila lidah kita tidak dibasahi dengan lantunan Alquran.
"Mulai hari ini mari kita sematkan dalam hati untuk membudayakan tradisi membaca Alquran setiap hari, satu ayat setiap usai shalat lima waktu, sehingga kita terbiasa dengan kalamullah,” tandasnya. [rdi]

Berita Lainnya

Index