BKP3 Rohul Lakukan Pembinaan Lumbung Pangan di Pedesaan

Jumat, 05 Juni 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Keberadaan lumbung pangan di pedesaan sangat membantu para petani, khususnya di masa paceklik. Lumbung pangan kembali digalakkan, dalam menuju Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebagai daerah swasembada beras 2016.

Lumbung pangan Sri Manunggal di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambahsamo misalnya yang merupakan tempat penyimpanan gabah ini dinilai petani tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan menjual gabah, namun juga berfungsi dalam membantu ekonomi masyarakat petani saat menunggu panen.

Meski jumlahnya tidak banyak lagi. Namun, keberadaan lumbung pangan di pedesaan sangat membantu para petani khususnya. Sejak didirikan pada 2009, lumbung pangan Sri Manunggal telah menjadi tumpuan masyarakat petani desa setempat.

Pengurus Lumbung Pangan Sri Manunggal Desa Rambah Baru, Yatiman, mengatakan di saat paceklik, para petani biasanya meminjam gabah di lumbung pangan tersebut.

Selain dijadikan beras untuk dikonsumsi sendiri, ada juga gabaj yang dipinjam dijual, dan uangnya digunakan untuk keperluan sehari-hari lainnya, mulai kebutuhan pangan dan sandang.

Dan saat musim panen, para petani mengembalikan gabah dipinjam, dengan tambahan 10 persen dari total jumlah pinjaman gabah.

Yatiman mengakui bahwa keberadaan lumbung pangan sangat dirasakan oleh warga di desanya. Tukiyono misalnya, petani ini mengakui lumbung pangan sangat membantu keluarganya, terutama di saat-saat sulit, yakni mereka menunggu musim panen datang.

"Adanya lumbung ini sangat membantu kami sebagai petani. Karena kerja sampingan juga tidak ada," kata Tukiyono.

Sementara, Kepala BKP3 Rohul Ir. Ruslan melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan di BKP3 Rohul Tri Ismadi mengatakan di Kabupaten Rohul ada 12 lumbung pangan, terutama di daerah sentra produksi beras.

Menurut dia, BKP3 Rohul terus melakukan pembinaan. Namun pembinaan tidak dapat dilakukan secara sekaligus, karena terbatasnya anggaran.

Karena begitu pentingngnya lumbung pangan bagi petani, Tri Ismadi berharap eksistensi lumbung pangan terus dimanfaatkan masayarakat petani. Dia pun mengajak petani untuk memanfaatkan lumbung sebaik mungkin. Sehingga, keberadaannya tetap eksis di pedesaan. [**rtc]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT