Ini 4 Dampak Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Tidur

Sabtu, 30 Mei 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Hidup sehat bukan hanya sekedar makan buah dan sayur serta olahraga teratur, tidur juga harus seimbang. Kurang tidur bisa membuat Anda mengalami masalah kesehatan, namun bukan berarti Anda bisa tidur sepanjang hari. 

Karena dilansir dari vemale.com, tidur lebih dari kebutuhan atau 8 jam per hari juga bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, seorang manusia dewasa sebaiknya tidur paling tidak 7-8 jam per hari untuk melindungi dirinya dari serangan penyakit dan bahkan mencegah mati muda. Tapi jika berlebihan, ini yang akan Anda hadapi.

1. Obesitas
Orang-orang yang tidur lebih dari 9-10 jam tiap malam memiliki potensi 25% lebih besar mengalami obesitas karena kurangnya aktivitas fisik yang membakar kalori. Tidur memang membakar kalori, namun lebih besar kemungkinan untuk menumpuk kalori.

2. Nyeri tulang belakang/punggung
Kebanyakan tidur justru bisa membuat tubuh Anda pegal-pegal, termasuk nyeri tulang belakang. Tidur terlalu lama bisa memberi beban terhadap tulang belakang untuk menopang berat badan dan bisa menyebabkan peradangan di bagian sendi-sendi tulang.

3. Sakit kepala
Kebanyakan tidur juga bisa menimbulkan rasa sakit kepala atau pusing saat bangun tidur. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab timbulnya pusing atau sakit kepala karena terlalu lama tidur adalah adanya efek terganggunya neurotransmitters dalam otak.

4. Depresi
Tidur yang cukup bisa meredakan stres dan menurunkan risiko depresi, sebaliknya terlalu lama tidur bisa memperburuk kondisi depresi. Akan lebih baik jika penderita depresi melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan untuk melepas stres.

Jadi, porsi tidur pun perlu diperhatikan ya semoga bermanfaat bagi kita semua.[vml]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT