Smartphone Mampu Kenali Pengguna Melalui Tulisan Tangan

Rabu, 27 Mei 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - National Security Agent (NSA) tengah mengembangkan sebuah software yang mampu mengenali identitas seseorang melalui tulisan tangan. Software yang disebut Mandrake itu akan memverifikasi identitas pengguna berdasarkan kecepatan dan bentuk jari pengguna melalui layar sentuh.

Dilansir laman Okezone, Rabu (27/5/2015), para ahli yang mengembangkan software Mandrake menyatakan jika kemampuan identifikasi tulisan itu nantinya akan dapat diandalkan sebagai password yang lebih aman. Verivikasi identitas melalui tulisan tangan di layar smartphone itu hampir tak mungkin dipalsukan oleh orang lain.

“Orang-orang dapat menempa tulisan tangan Anda dalam dua dimensi, tetapi mereka tidak bisa menempa tulisan tangan dalam tiga atau empat dimensi," ujar John Mears, senior dari Lockheed IT and Security Solutions.

Gestur keamanan melalui tulisan tangan tersebut pertama kali terungkap pada 2013. Perusahaan pengembang yang bekerja sama dengan NSA untuk melindungi data dari smartphone berbasis Android maupun iOS.

"Kami telah melakukan pekerjaan dengan NSA untuk otentikasi gerakan aman sebagai teknik untuk menggunakan smartphone," kata Mears.

Perusahaan pengembang mengatakan sistem identifikasi melalui tulisan tangan akan menawarkan solusi pertahanan keamanan untuk perangkat iOS dan Android. Dalam dunia bisnis, teknik identifikasi tulisan tangan itu akan membuat semua email perusahaan, hasil browsing, dokumen, dan lain-lain dapat dengan mudah terkontrol.[oze]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT