Bos SpaceX Tuduh Google Sedang Menciptakan Iblis

Rabu, 27 Mei 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Suatu hal yang menghantui pikiran Bos SpaceX, Elon Musk, bukanlah mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perusahaannya tapi hal lain. Musk mengaku dia khawatir akan yang sedang dikerjakan Google.

Dalam buku terbarunya yang berjudul 'Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan the Quest for A Fantastic Future' menyebutkan nama co-founder Google yang sekaligus CEO perusahaan digital itu, Larry Page. Disebutkan kemungkinan besar Page sedang membuat 'iblis' yang berpotensi mengancam manusia.

"Sangat besar kemungkinannya dia akan membuat robot yang bisa menghancurkan peradaban manusia. Meski saya yakin dia orang yang baik, tapi dia memiliki potensi untuk bisa menciptakan 'iblis' tanpa sengaja," kata Musk, seperti dilansir dari viva.co.id, Rabu ( 27/5/15).

Musk masih gamang dengan klaimnya ini. Pasalnya, Larry Page yang ia kenal merupakan orang yang sangat baik, perhatian dan sangat peduli dengan sesama. Namun begitu, dia yakin jika orang baik bisa saja melakukan kesalahan, meski tidak disengaja.

Ini bukan kali pertama Musk berbicara mengenai robot dan kepintaran rekayasa atau kecerdasan buatan (AI). Dia bahkan menganggap robot sebagai ancaman terbesar untuk manusia di masa depan jika tidak diatur dan dikendalikan dengan baik.

"Dengan kecerdasan buatan, sama saja kita seperti memanggil setan untuk datang," kata dia.

Musk sendiri bukan orang yang berpikiran negatif terhadap bisnis teknologi dan kecerdasan buatan. Dia malah selalu memperhatikannya. Tidak hanya itu, dia juga kerap memberikan pendanaan bagi perusahaan teknologi. Mungkin ini salah satu cara dia untuk bisa terus mengawasi gerak perkembangan AI.

Bos SpaceX ini bukan satu-satunya tokoh yang ketakutan dengan perkembangan teknologi dan sains dunia. Ide AI juga kerap menghantui tokoh dan ilmuwan lain, seperti pendiri Microsoft Bill Gates, atau fisikawan Stephen Hawking.[vva]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT