Sekda Buka Pelatihan Karo Haji se-Kabupaten Bengkalis

Selasa, 26 Mei 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Burhanuddin membuka pelatihan Petugas Haji (Karu dan Karom) se-Kabupaten Bengkalis, Senin (25/5) di Gedung Laksamana Raja Di Laut. Pelatihan sehari itu diikuti 50 Karu dan Karom.

Pelatihan ini penting mengingat tugas sebagai Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karo) dalam pelaksanaan ibadah haji, merupakan sebuah amanah yang mulia. Mereka akan melayani sebanyak 509 jemaah haji asal Bengkalis.

Bagi Karu dan Karom yang terpilih, tugas ini tidak hanya membawa nama pribadi, kelompok dan daerah, namun juga membawa nama bangsa Indonesia. 

Sementara narasumber berasal dari Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis dan dari  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Sekda  H Burhanuddin dalam kata sambutannya.

“Harus diakui, mengemban amanah mulia ini, bukan sebuah pekerjaan ringan. Selain  bertugas mengurusi para jamaah, Karu dan Karom tidak bisa lepas dari statusnya sebagai jamaah haji, mempunyai kewajiban untuk melaksanakan ritual ibadah haji selama di tanah suci Mekah,” ungkap Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, Karu dan Karom harus dapat memahami tugas pokok dan fungsi dari amanah yang diembannya selama melakukan seluruh rangkaian kegiatan haji di tanah suci.

“Mulai dari manasik, ziarah, serta melaksanakan bimbingan kesehatan dan menangani sejumlah kejadian yang tidak terduga. Terpenting bagaimana seorang Karu dan Karom bisa bekerja maksimal, sehingga mampu membantu dan mempelancar pelaksanaan jamaah haji asal Bengkalis,” ujarnya.

Peserta Pelatihan Petugas Haji (Karu dan Karom) se-kabupaten Bengkalis ini terbagi menjadi dua kloter terdiri dari 26 peserta asal kecamatan Mandau dan Pinggir, sedangkan kloter kedua 24 peserta terdiri dari kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT