Pembuatan Kanal Sekat Karhutla Dilahan Gambut Dinilai Mubazir

Selasa, 26 Mei 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pembangunan sekat kanal untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten  Bengkalis dan Kepulauan Meranti, oleh Pemerintah Provinsi Riau, dinilai buang - buang uang Negara.

"Pasalnya sebesar apapun kanal ini dibangun kalau kesadaran masyarakatnya belum ada terhadap bahaya dampak kebakaran lahan ini maka pembuatan kanal ini dipastikan sia - sia," Jelas pimpinan perusahaan perkebunan Akasia dilahan Gambut, Parlan, Selasa (26/5/15).

Disebut Parlan untuk membangun kanal di dua kabupaten yang memiliki lahan gambut luas yang  terletak di perbatasan dengan Malaysia ini akan memakan biaya puluhan milyar rupiah.

Hal ini dikatakannya terkait Pemerintah Riau, telah memperpanjang status siaga darurat bencana asap hingga Oktober 2015, terkait dengan mulai masuknya musim panas di provinsi ini.

Pembangunan sekat kanal itu dibantu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo yang akhir tahun meninjau Riau, mereka memprogramkan pembangunan seribu sekat kanal untuk menjaga kadar air di wilayah gambut agar tetap basah.(bb)


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT