Ini Keistimewaan Batu Akik Halilintar Asal Rohul Riau

Senin, 25 Mei 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Batu Akik asal Kabupaten Rokan Hulu selama ini memang cukup di kenal di Riau, karena daerah ini tidak hanya kaya akan hasil hutan dan minyak buminya, tetapi kandungan meneralnya cukup kayu. Demikian juga saat demam batu akik, daerah ini cukup diperhitungkan. Selain batu akik jenis Batik Suligi, Solar Rokan, dan Blue Rokan yang lebih dulu dikenal.

Belakangan ini, batu akik jenis Halilintar ikut ramai dibicarakan para "penggila" batu dari pelbagai daerah.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Rohul, Yusmar Yusuf, bahwa salah satu keindahan dari batu akik Halilintar ada pada giwangnya. Giwang sendiri akan tampak jelas saat terkena cahaya.

"Keunggulan batu Halilintar pada giwang dan mata kucingnya, terutama saat terkena cahaya ada cahaya berjalan," kata Yusmar, Ahad (24/5/15).

Ada bermacam-macam jenis batu akik Halilintar, di antaranya berwarnam putih, jeruk, kebiru-biruan, dan lain lagi. Batu jenis ini sendiri punya tingkat kekerasan antara 7 hingga 7,5 Moch. Batu ini dipercaya banyak ditemukan antara perbatasan Kabupaten Rohul dengan Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di kawasan Bukit Barisan.

Batu Halilintar juga diperkenalkan sewaktu Piala Kapolres Rohul di Ujungbatu. Pada event itu, batu akik ini juga memenangi beberapa kriteria kontes.

"Batu Halilintar termasuk yang bagus. Batu bagus itu memperhitungkan mutu dan keindahan sekaligus," terang dia.

Yusmar menambahkan, bahwa banyak yang membedakan antara batu Halilintar dengan Batik Suligi, Solar Rokan, dan Blue Rokan. Jika Solar Rokan dan Blue Rokan dikenal karena naturalnya dan tembus pandang. Batik Suligi sendiri indah dan menarik. Sedangkan kelebihan batu Halilintas pada giwang dan mata kucingnya. [**rtd]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT