Hari Ini 49 Jemaah Umroh yang Terlantar Sampai Di Tanah Air

Sabtu, 23 Mei 2015 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI memulangkan 49 jemaah Umroh yang terlantar di Jeddah, Arab Saudi. Dua hari sebelumnya, perwakilan Kemenlu telah menerima laporan soal biro perjalanan umroh yang melakukan penelantaran terhadap jamaah umroh karena tidak membayarkan penginapan selama di hotel.

"Jemaah diberangkatkan hari ini via Dubai dengan Emirate EK 806 ETD Jeddah jam 10.50, dan rencana tiba Jakarta besok Sabtu pagi dengan EK 368 sekitar jam 06.00," ujar Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra, Jumat (22/5/15).

KJRI berhasil melakukan mediasi dengan PT Tisaga Multazam, penyedia visa bagi biro perjalanan Jayaa Mandiri Bersama Indonesia (JMBI). Mereka sepakat untuk menanggung biaya pemulangan jamaah, namun masih belum jelas untuk hitungan biaya dan skema yang akan dilakukan.

"Setelah dilakukan mediasi dengan PT Tisaga Multazam, sepakat menanggung pemulangan jemaah," kata Dharmakirty.

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya secepaat mungkin memulangkan warga Indonesia di sana. Terlebih, mereka yang tinggal lebih dari batas ijin tinggal di Arab Saudi, seperti 49 jamaah yang harusnya sudah pulang pada medio Mei lalu.

"Prioritas segera memulangkan mereka, resiko overstayer, akan banyak komplikasi kalo lebih lama," kata Iqbal. [trb]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT