Bea Cukai Tunggu Kepastian Asal Usul Beras Plastik

Rabu, 20 Mei 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) menyatakan masih menunggu kepastian soal asal usul beras plastik. Selama ini Bea Cukai disebut belum mendapatkan kasus beras palsu itu. 

Kasubdit Humas DJBC Haryo Limanseto mengatakan selama ini proses impor beras selalu masuk dalam jalur hijau. Yang artinya keamanan, kualitas dan standar barang yang diimpor sudah dijamin oleh surveyor negara pengekspor. Dan selama ini pemerintah belum membuka keran impor beras dari negara manapun.

"Kita tunggu laporan dari Kepolisian apakah itu memang benar impor atau jangan-jangan dioplos di dalam negeri," kata Haryo saat dihubungi CNN Indonesia, Rabu (20/5).

Menurut Haryo, Bea Cukai tidak bisa begitu saja mencegat proses alur impor beras yang masuk ke Indonesia. Karena itu pasti akan mengganggu layanan impor bagi produk beras yang tidak bermasalah.

"Kita tidak ingin produk yang tidak bermasalah jadi terganggu gara-gara ada pemeriksaan beras plastik yang belum tentu asalnya," katanya.

Mengenai koordinasi dengan Kementerian Perdagangan, Haryo mengatakan, Bea Cukai siap bertindak untuk menindaklanjuti jika memang benar ditemukan bukti bahwa beras plastik tersebut berasal dari luar negeri, atau dari Tiongkok seperti yang selama ini sering disebut-sebut.

"Kami hampir setiap hari berkoordinasi, yang penting kami minta hasil penyelidikan asal usul beras plastik itu dari mana," katanya.[cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT