80 Juta Bakteri Bisa Pindah Setelah Berciuman Bibir

Sabtu, 16 Mei 2015 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Belanda menemukan fakta terbaru perihal aktivitas ciuman dengan pasangan. French kiss atau berciuman bibir selama 10 detik dapat mentransfer 80 juta bakteri dari mulut Anda ke mulut pasangan.

Temuan ini didasarkan pada studi terhadap 21 pasangan yang berbeda. Mereka diminta mengisi survei untuk menganalisa kebiasaan mencium. Termasuk pertanyaan, seberapa sering mereka berciuman bibir dan kapan terakhir kali berciuman.

Mereka yang berciuman rata-rata sembilan kali sehari sangat mungkin untuk berbagi bakteri melalui air liur, beberapa bakteri terbukti lebih tangguh.

"French kiss adalah contoh aktivitas yang memicu paparan sejumlah besar bakteri dalam waktu singkat, tapi hanya beberapa bakteri dari ciuman yang tertinggal di lidah. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat sifat-sifat bakteri dan lidah yang berkontribusi," ulas pemimpin penelitian, Profesor Remco Kort, kepada BBC, seperti dilansir MTV.

Penelitian ini bagian dari Organisasi Belanda untuk Riset Terapan Ilmiah (TNO) bekerja sama dengan museum Micropia di Amsterdam, museum pertama di dunia mikroba. Salah satu pameran terbaru di museum tersebut mengundang pasangan untuk berciuman dan kemudian melihat berapa banyak bakteri yang ditransfer ke mulut satu sama lain, dengan bantuan minuman probiotik.

Menurut para ilmuwan TNO, bakteri melalui ciuman sebenarnya bisa menyehatkan, yaitu membangun sistem kekebalan tubuh.(basya)

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT